SISTEM MONITORING GAS OKSIGEN DAN KARBONDIOKSIDA PADA RUANG PENYIMPANAN SISTEM SUHU TERKONTROL DAN PENGARUHNYA TERHADAP DAYA SIMPAN BUAH MANGGA ARUMANIS BERBASIS ARDUINO

SETIADI, LL. ARIOKI (2019) SISTEM MONITORING GAS OKSIGEN DAN KARBONDIOKSIDA PADA RUANG PENYIMPANAN SISTEM SUHU TERKONTROL DAN PENGARUHNYA TERHADAP DAYA SIMPAN BUAH MANGGA ARUMANIS BERBASIS ARDUINO. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LAPORAN LL. ARIOKI SETIADI - F1B 014 055.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Mangga merupakan buah bernilai ekonomi tinggi dan merupakan bahan makanan penting setelah pisang bagi masyarakat didaerah iklim tropis. Hal ini dikarenakan buah mangga memiliki kandungan vitamin A dan C yang cukup tinggi, masing-masing sebesar 1.000 IU (International Unit) per 100gr bobot segar dan 20 mg per 100 gr bobot segar. Berdasarkan data dari pusat data dan sistem informasi pertanian kementerian pertanian. Mangga juga menjadi salah satu komoditas ekspor Indonesia. Jenis mangga yang paling banyak diekspor adalah gedong, gincu dan arumanis. Pengemasan adalah satu rantai penentu yang menjamin kualitas produk baik pangan maupun non pangan sebelum sampai ke konsumen. Pengemasan sendiri telah mengalami transformasi bari dari kajian seni maupun teknik. Pengembangan riset kemasan bahan pangan sudah mengarah kepada kemasan cerdas (smart packaging) dimana didalam bahan kemasan ditambahkan agen tertentu yang memiliki fungsi pencegah atau kendali terhadap ancaman kerusakan bahan yang dikemas. Kualitas dari kemasan dapat diketahui berdasarkan kandungan oksigen, karbondioksida serta suhu dan tingkat kelembapan suatu kemasan untuk mengetahui tingkat ketahanan buah atau produk terhadap kemasan yang digunakan. Untuk mengetahui kandungan oksigen digunakan sensor oksigen (O2) KE25F3, sensor DHT11 untuk mengetahui suhu dan tingkat kelembapan serta sensor karbondioksida (CO2) MH-Z19 untuk untuk mengetahui kandungan karbon dioksida didalam kemasan. Dan dibutuhkan pula sebuah tabung tambahan menyimpan buah mangga saat proses monitoring. Oleh sebab itu peneliti mengembangkan alat yang dapat memonitoring dan kontroling kualitas dari sebuah kemasan, dengan mengetahui tingkat ketahanan kemasan terhadap gangguan yang ada baik dari dalam maupun luar kemasan untuk melindungi buah dalam kemasan guna meminimalisir kerusakan buah saat proses ekspor.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): mangga, ekspor, smart packaging, sensor oksigen (KE25F3), sensor suhu (DHT11), sensor karbondioksida(MH-Z19)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 27 Jun 2019 06:00
Last Modified: 27 Jun 2019 06:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14010

Actions (login required)

View Item View Item