The Effect of Using Think Pair Share onStudents’ Writing Descriptive Text: An Experimental Study on Eighth Grade Students of SMPN 4 Sumbawa BesarIn Academic Year 2018/2019

Agustiningsih, Putri Erwanda (2019) The Effect of Using Think Pair Share onStudents’ Writing Descriptive Text: An Experimental Study on Eighth Grade Students of SMPN 4 Sumbawa BesarIn Academic Year 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efek dari pengaplikasian Think Pair Share pada kemampuan menulis teks deskripsi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ekperimental campuran. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas delapan SMPN 4 Sumbawa Besar. Total random sampling digunakan sebagai teknik dalam pengambilan sampel yang mana kelas VIII-A sebagai kelompok kontrol berjumlah 22 siswa, sedangkan kelas VIII-B sebagai kelompok ekperimen berjumlah 17 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes menulis. Hasil tulisan siswa dikumpulkan dan dinilai menggunakan pedoman penilaian yang digunakan oleh gurupengampu mata pelajaran. Bedasarkan hasil dari penelitian diketahui bahwa hasil rata-rata pre-test kelompok kontrol adalah 59,35 sedangkan kelompok eksperimen adalah 58,08. Hasil rata-rata post-test dari kelompok kontrol adalah 68,40 sedangkan kelompok eksperimen adalah 78,30. Dari data analisis yang telah dilakukan didapatkan hasil uji t 3,64 lebih besar dari table t 2,021 95% (0,05) dan lebih besar dari 2,704 99% (0,01). Think Pair Share terbukti dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga proses belajar mengajar berjalan lebih efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): menulis, teks deskripsi, kemampuan, think pair share, pembelajaran koperatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 27 Jun 2019 06:00
Last Modified: 27 Jun 2019 06:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14012

Actions (login required)

View Item View Item