DAMPAK PENGEMBANGAN SENJATA NUKLIR KOREA UTARA PADA MASA PEMERINTAHAN KIM JONG UN TERHADAP KEBIJAKAN KEAMANAN AMERIKA SERIKAT DI SEMENANJUNG KOREA

NURWIBOWO, EKO SULISTYO (2019) DAMPAK PENGEMBANGAN SENJATA NUKLIR KOREA UTARA PADA MASA PEMERINTAHAN KIM JONG UN TERHADAP KEBIJAKAN KEAMANAN AMERIKA SERIKAT DI SEMENANJUNG KOREA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Eko Sulistyo N_SKRIPSI_L1A014018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini meneliti mengenai pengembangan senjata nuklir Korea Utara, khususnya pada masa pemerintahan Kim Jong Un yang berdampak pada Kebijakan Keamanan Amerika Serikat di Semenanjung Korea. Di dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa kajian konseptual, yaitu senjata nuklir, proliferasi senjata nuklir dan kebijakan keamanan. Sedangkan konsep yang digunakan adalah Konsep Kepentingan Nasional dan Konsep Persepsi Ancaman. Penelitian ini sendiri menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan studi kepustakaan sebagai metode pengumpulan datanya. Penelitian ini menemukan bahwa pengembangan senjata nuklir di Korea Utara terus mengalami peningkatan dari masa pemerintahan sebelumnya, yaitu Kim Jong Il ke masa pemerintahan Kim Jong Un. Peningkatan tersebut tentunya akan berpengaruh pada kepentingan nasional Amerika Serikat di Semenanjung Korea, khususnya pada bidang keamanan yang berdampak pada perubahan maupun penyesuaian setiap kebijakan keamanan Amerika Serikat di Semenanjung Korea. Dampak tersebut di antaranya dalam hal strategi keamanan nasional yang terlihat dari US-NSS dari tahun 1993 hingga tahun 2017; kemudian terdapat juga USFK-CFC yang mencakup latihan militer gabungan antara Amerika Serikat dengan Korea Selatan, pembaharuan Patriot serta penempatan THAAD atau yang lebih dikenal sebagai sistem pertahanan anti-misil demi mengantisipasi serangan dari Korea Utara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Senjata nuklir, Kebijakan keamanan, Korea Utara, Semenanjung Korea, Amerika Serikat
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 27 Jun 2019 06:00
Last Modified: 27 Jun 2019 06:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14023

Actions (login required)

View Item View Item