PALATABILITAS PAKAN RUSA TIMOR (Rusa timorensis) DAN KELAYAKAN PENANGKARAN RUSA DI PONDOK PESANTREN NURUL HAKIM KEDIRI LOMBOK BARAT

Patu, Baku Aloy (2019) PALATABILITAS PAKAN RUSA TIMOR (Rusa timorensis) DAN KELAYAKAN PENANGKARAN RUSA DI PONDOK PESANTREN NURUL HAKIM KEDIRI LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Baku Aloy Patu C1L015009.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (869kB)

Abstract

Rusa Timor (Rusa timorensis) merupakan salah satu jenis rusa yang ada di indonesia. Status populasi rusa tersebut yaitu rentan sehingga perlu dilakukan konservasi ex-situ. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui palatabilitas pakan dan kelayakan penangkaran rusa di Pondok Pesantren Nurul Hakim, Kediri, Lombok Barat; Metode yang digunakan yaitu cafetaria feeding dengan memberikan 5 jenis pakan yaitu Sesbania grandiflora, Andropogon aciculatus, Terminalia catappa, Artocarpus heterophylus, Imperata cylindica yang tersedia disekitar penangkaran terhadap dua ekor rusa yaitu rusa jantan dan betina; Selanjutnya dianalisis data palatabilitas tersebut. Hasil penelitian menunnjukan rata-rata kebutuhan pakan rusa jantan 6,32 Kg/hari dan rusa betina 5,59 Kg/hari; Tingkat palatbilitas tertinggi yaitu Sesbania grandiflora; Berdasarkan hasil penelitian rekomendasi pakan yang sesuai adalah Sesbania grandiflora. Kelayakan penangkaran sebagian layak dan yang lainnya perlu dikembangkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Rusa Timor, pakan, palatabilitas, kelayakan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 01 Jul 2019 04:06
Last Modified: 01 Jul 2019 04:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14040

Actions (login required)

View Item View Item