STUDI PRODUKTIVITAS DAN RENDEMEN PENGGERGAJIAN KAYU DI UD. AZIZA DESA AIK DAREK KECAMATAN BATUKLIANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Silviani, Evi (2019) STUDI PRODUKTIVITAS DAN RENDEMEN PENGGERGAJIAN KAYU DI UD. AZIZA DESA AIK DAREK KECAMATAN BATUKLIANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ISINYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produktivitas dan rendemen penggergajian 3 jenis kayu di UD.Aziza. Lokasi penelitian dilakukan di industri penggergajian UD. Aziza yang berlokasi di Desa Aik Darek Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling (pengambilan secara sengaja). Jenis data yang digunakan terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer (profil industri, pengukuran produktivitas dan rendemen) dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai produktivitas dari 3 jenis log berkisar antara 0,43 m3 /jam sampai 0,66 m3 /jam. Produktivitas tertinggi yang dihasilkan adalah jenis sengon sebesar 0,66 m3 /jam, diikuti jenis jati putih sebesar 0,44 m3 /jam, dan jenis mahoni sebesar 0,43 m3 /jam. Nilai rendemen dari 3 jenis log berkisar antara 54,49 % sampai 58,64 %. Rendemen tertinggi yang dihasilkan adalah jenis mahoni sebesar 58,64 %, diikuti jenis sengon sebesar 57,56 %, dan jenis jati putih sebesar 54,49 %. Faktor utama yang mempengaruhi produktivitas dan rendemen adalah jenis kayu, sifat log dan karakteristik log.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Produktivitas, Rendemen, Penggergajian kayu.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 01 Jul 2019 04:06
Last Modified: 01 Jul 2019 04:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14046

Actions (login required)

View Item View Item