PENGARUH PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BILANGAN SISWA KELAS III SDN 1 MIDANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MUSAKIRIN, NURUL HIKMAH (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BILANGAN SISWA KELAS III SDN 1 MIDANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode jarimatika terhadap hasil belajar matematika materi perkalian bilangan siswa kelas III SDN 1 Midang tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen tipe Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitiannya berjumlah 45 orang siswa terdiri dari 22 orang siswa pada kelas eksperimen dan 23 orang siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Berdasarkan hasil post-test diperoleh bahwa nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen yaitu sebesar 86,81, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 84,34. Pengujian hipotesis dilakukan dengan dengan menggunakan uji-t dengan menggunakan rumus polled varians. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung ≤ ttabel yaitu sebesar 0,5471 ≤ 2,017 pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 – 2 = 43. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis, yaitu jika thitung ≤ ttabel maka Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh metode jarimatika terhadap hasil belajar matematika pada materi perkalian bilangan siswa kelas III SDN 1 Midang tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Jarimatika, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 12 Jul 2019 08:37
Last Modified: 12 Jul 2019 08:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14095

Actions (login required)

View Item View Item