PENGARUH LEVEL FILTRAT KECAMBAH PADA PENGENCER TRIS KUNING TELUR AYAM DALAM MEMPERTAHANKAN KUALITAS SPERMATOZOA KAMBING KACANG PADA SUHU 5OC

TRIANA, PENAS (2019) PENGARUH LEVEL FILTRAT KECAMBAH PADA PENGENCER TRIS KUNING TELUR AYAM DALAM MEMPERTAHANKAN KUALITAS SPERMATOZOA KAMBING KACANG PADA SUHU 5OC. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di dua tempat, yaitu di Batu Ringgit dan di Laboratorium Pusat Unggulan Biosains dan Bioteknologi Fakultas MIPA Universitas Mataram selama 5 minggu dari bulan Mei sampai Juni 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh level filtrat kecambah pada pengencer tris kuning telur ayam dalam mempertahankan kualitas spermatozoa kambing kacang pada suhu 5o C. Metode yang digunakan adalah eksperimental laboratorik menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 kali ulangan. Materi yang digunakan adalah semen kambing kacang umur 2 tahun dan pengencer tris kuning telur dengan menggunakan. Perlakuan yang digunakan adalah filtrat kecambah masing-masing P0 (0%), P1 (6%), P2 (8%) dan P3 (12%). Variabel yang diamati adalah progresif motilitas, viabilitas, abnormal dan integritas membran plasma spermatozoa. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa spermatozoa kambing Kacang terbaik adalah pada perlakuan P3 (12%) dengan progresif motilitas 58 ± 8,37%, viabilitas 85,20 ± 8,37%, abnormalitas 12, ± 0,83% dan integritas membran plasma spermatozoa 44 ± 6,15% dengan penyimpanan selama 4 hari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Filtrat Kecambah, Pengencer Tris Kuning Telur, Spermatozoa dam Kambing Kacang.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 12 Jul 2019 08:36
Last Modified: 12 Jul 2019 08:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14103

Actions (login required)

View Item View Item