IDENTIFIKASI PENGGUNAAN POHON DAN STRATEGI PEMBINAAN HABITAT MERAK HIJAU (Pavo muticus) DI SAVANA BEKOL TAMAN NASIONAL BALURAN

Putri, Bunga Khilwa (2019) IDENTIFIKASI PENGGUNAAN POHON DAN STRATEGI PEMBINAAN HABITAT MERAK HIJAU (Pavo muticus) DI SAVANA BEKOL TAMAN NASIONAL BALURAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI _ Identifikasi Penggunaan Pohon dan Strategi Pembinaan Habitat Merak Hijau (Pavo muticus).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Merak hijau (Pavo muticus) merupakan satwa yang termasuk dalam kategori Endangered berdasarkan Red List International Union for Conservation of Nature and Natural Resourses. Hal ini dikarenakan tingkat populasinya cepat menurun dan terfragmentasi, terutama karena konversi habitat yang intens dan tingkat perburuan yang sangat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik penggunaan habitat oleh Merak hijau (Pavo muticus) dan menyusun strategi yang dapat digunakan untuk melakukan pembinaan habitat di Savana Bekol Taman Nasional Baluran. Metode pengumpulan data untuk karakteristik habitat dilakukan dengan metode IPA dan untuk strategi pembinaan habitat dilakukan dengan metode wawancara dan FGD yang kemudian dianalisis secara deskriptif, kuantitatif untuk pengukuran luas tajuk dan analisis swot. Dari hasi penelitian yang dilakukan didapatkan vegetasi sumber pakan ditemukan 3 jenis tumbuhan bawah, Vegetasi tempat berlindung terdiri dari 4 jenis, Vegetasi tempat berteduh terdiri dari 4 jenis dan vegetasi tempat tidur terdiri dari 5 jenis. Sedangkan strategi pembinaan habitat bagi Merak hijau (Pavo muticus) yang dapat dilakukan yaitu melakukan kegiatan monitoring secara rutin untuk mempertahankan lokasi yang biasa digunakan oleh Merak hijau (Pavo muticus) sebagai tempat berteduh, tidur dan berlindung serta tempat makan dan memilihara sumber air dan kubangan buatan sehingga mampu menyuplai kebutuhan air satwa pada musim kemarau.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Merak hijau (Pavo muticus), habitat, strategi pembinaan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 12 Jul 2019 08:35
Last Modified: 12 Jul 2019 08:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14127

Actions (login required)

View Item View Item