PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI PETANI DALAM PROGRAM KEMITRAAN KEHUTANAN DI DESA REMPEK KECAMATAN GANGGA KABUPATEN LOMBOK UTARA

AZIZ, ROLI ABDUL (2019) PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI PETANI DALAM PROGRAM KEMITRAAN KEHUTANAN DI DESA REMPEK KECAMATAN GANGGA KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Penelitian ini dilakukan di Desa Rempek Desa Rempek Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. Karena desa tersebut merupakan salah satu desa yang sudah termasuk dalam program kemitraan kehutanan yang sedang berjalan di KPHL Rinjani Barat dan dilaksanakan di Kabupaten Lombok Utara serta sudah menyepakati perjanjian kerjasama untuk kemitraan kehutanan antara masyarakat penggarap lahan hutan yang tergabung dalam Kelompok koperasi Kompak Sejahtera dengan KPHL Rinjani barat. Jumlah responden ditentukan dengan “propotial random sampling” sebanyak 67 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Program Kemitraan Kehutanan berimplikasi terhadap perubahan sosial ekonomi petani dengan indikasi perubahan tersebut adalah: 1. Perubahan Ekonomi: (a) Ragam pekerjaan petani semakin banyak. (b) Meningkatnya pendapatan perbulan. (c) Pola pengeluaran semakin baik. (d) Pola konsumsi semakin baik. 2. Perubahan Sosial: (a) Tidak terjadi prubahan prilaku petani yang meliputi pengetahuan dan sikap tentang fungsi dan manfaat hutan serta keterampilan petani dalam budidaya dan alat pertanian. (b) Partisipasi kelembagaan semakin baik. (c) Orientasi nilai budaya semakin baik. Kendala-kendala dalam pelaksanaan program kemitraan kehutanan. Kendala teknis meliputi keterbatasan petani dalam mengembangkan jenis tanaman, akses jalan tidak memadai, dan kurangnya pembinaan pengembangan dalam pasca panen. Kendala non teknis berupa kendala biaya pengelolaan lahan serta masih tingginya kegiatan illegal loging yang ada di kawasan hutan lindung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan Pemberian informasi serta pembinaan terkait hutan serta manfaatnya untuk jangka panjang, demi menunjang pengetahuan dan keteampilan bagi petani peserta Program Kemitraan Kehutanan. KPHL Rinjani Barat maupun petani peserta program kemitraan kehutanan hendaknya mampu bekerjasama.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Program kemitraan, Perubahan Sosial ekonomi.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 12 Jul 2019 08:35
Last Modified: 12 Jul 2019 08:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14135

Actions (login required)

View Item View Item