PENGARUH KONSENTRASI Lactobacillus acidophilus SEBAGAI BIOKONTROL GUNA MENINGKATKAN MASA SIMPAN DAN MUTU TEMPE KACANG KOMAK (Lablab purpureus (L.) Sweet)

Shopar, Muh. Junaidi (2019) PENGARUH KONSENTRASI Lactobacillus acidophilus SEBAGAI BIOKONTROL GUNA MENINGKATKAN MASA SIMPAN DAN MUTU TEMPE KACANG KOMAK (Lablab purpureus (L.) Sweet). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_MUH. JUNAIDI SHOPAR_J1A015057(11).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tempe kacang komak (Lablab purpureus (L.) Sweet) merupakan produk fermentasi berbahan dasar kacang komak yang memiliki masa simpan yang relatif singkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi Lactobacillus acidophilus terhadap mutu tempe kacang komak dan mengetahui konsentrasi terbaik untuk memperpanjang masa simpan tempe kacang komak. Penelitian ini menggunakan rancangaan acak lengkap (RAL) dengan percobaan faktor tunggal yaitu konsentrasi BAL (Kb) jenis L. acidophilus dengan 6 perlakuan yaitu 0% (perlakuan tanpa penambahan BAL), 0,5%, 1%, 1,5%, 2% dan 2,5%. Masing-masing perlakuan diulang 3 kali sehingga diperoleh 18 unit percobaan. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan software Co-stat dan apabila terdapat beda nyata dilakukan uji lanjut beda nyata jujur (BNJ) untuk parameter mikrobiologi, kimia dan organoleptik. Pengujian umur simpan diamati mulai hari ke-0, 3 dan 6. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi L.acidophilus memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap nilai total bakteri asam laktat (BAL), nilai pH pada penyimpanan 0, 3 dan 6 hari, kadar protein, kadar air serta organoleptik pada penyimpanan 0 dan 3 hari kecuali nilai organoleptik yang tidak berbeda nyata pada penyimpanan 0 hari. Tempe kacang komak dengan penambahan konsentrasi L. acidophilus 1,5% merupakan perlakuan konsentrasi terbaik berdasarkan total bakteri asam laktat 6,33 Log CFU/g, nilai pH 5,11, kadar protein 11,23%, kadar air 65,06%, dengan nilai organoleptik dapat diterima oleh panelis dan dapat dikonsumsi selama penyimpanan 3 hari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tempe, Kacang Komak, Lactobacillus acidophilus, masa simpan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 24 Jul 2019 03:08
Last Modified: 24 Jul 2019 03:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14158

Actions (login required)

View Item View Item