REPRESENTASI PROMOSI WISATA HALAL LOMBOK PADA SITUS WEB HALALBOOKING.COM

Agus, Maulidan (2019) REPRESENTASI PROMOSI WISATA HALAL LOMBOK PADA SITUS WEB HALALBOOKING.COM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Representasi Promosi Wisata Halal Lombok Pada Halalbooking.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (978kB)

Abstract

Wisata Halal dapat didefinisikan sebagai berbagai macam kegiatan wisata yang didukung oleh berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan masyarakat, pengusaha, dan pemerintah yang memenuhi ketentuan Islam. Wisata Halal merupakan model wisata yang cukup baru di Lombok saat ini. Setelah Lombok berhasil meraih dua penghargaan sekaligus yaitu World's Best Halal Tourism Destination dan World's Best Halal Honeymoon Destination, sedangkan Sofyan Hotel Group menjadi yang terbaik dalam kategori World's Best Family Friendly Hotel. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana representasi promosi wisata halal Lombok pada halalbooking.com. Promosi wisata halal merupakan cara mendorong peningkatan pengunjung dan keeksisan akomodasi yang ada di dalamnya. Aktivitas promosi Wisata Halal sudah mengalami pengembangan yang sangat pesat diantaranya; Media Massa, Media Online diantaranya: internet, media sosial, situs web, dan yang terbaru adalah marketplace. Salah satunya adalah situs web halalbooking.com yang menyediakan jasa reservasi hotel khusus akomodasi wisata halal. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Menggunakan metode Analisis Isi untuk mengidentifikasi secara sistematis isi komunikasi yang tampak (manifest) dan dilakukan secara objektif, valid, reliabel serta dapat direplikasi. Menggunakan empat kategori yaitu Atraksi, Penawaran Harga, Fasilitas Halal dan Kategori Produk / Akomodasi. Hasil penelitian ini adalah Kategori Atraksi merupakan kategori yang paling banyak ditemukan. Pada kategori Atraksi lebih banyak menampilkan visual dari foto atau gambaran fasilitas hotel yang memberikan segala informasi dan kemudahan dalam memilih maupuan memilah hotel yang ingin dikunjungi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Wisata Halal, Promosi, halalbooking.com, Analisis Isi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: AGUS MAULIDAN ZAKARIA
Date Deposited: 26 Jul 2019 00:22
Last Modified: 26 Jul 2019 00:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14163

Actions (login required)

View Item View Item