HUBUNGAN LAMA PAPARAN MERKURI DENGAN FUNGSI PARU PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI WILAYAH PERTAMBANGAN EMAS SKALA KECIL DI KECAMATAN SEKOTONG KABUPATEN LOMBOK BARAT

Rabbani, Nabilah Noor (2019) HUBUNGAN LAMA PAPARAN MERKURI DENGAN FUNGSI PARU PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI WILAYAH PERTAMBANGAN EMAS SKALA KECIL DI KECAMATAN SEKOTONG KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH KARYA TULIS ILMIAH NABILAH NOOR RABBANI (H1A 015 049).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Merkuri digunakan pada salah satu proses pengolahan emas. Saat merkuri dipanaskan, akan timbul uap merkuri yang bersifat toksik. Uap merkuri yang terinhalasi dapat menimbulkan dampak negatif pada paru yaitu, berkurangnya kapasitas vital akibat restriksi dan atau obstruksi pada saluran napas. Fungsi paru dapat dinilai dengan melakukan pemeriksaan spirometri dengan melihat nilai FEV1, FVC, dan rasio FEV1/FVC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lama paparan merkuri dengan fungsi paru pada anak sekolah dasar di wilayah PESK. Metode: Penelitian ini menggunakan metode cross sectional dengan melibatkan 32 siswa/i sekolah dasar yang memenuhi kriteria penelitian. Pada siswa/i dilakukan pengukuran antropometri dan spirometri. Uji yang digunakan adalah uji korelasi Pearson dan Spearman. Hasil: Dari 32 siswa/i, sebanyak 26 siswa/i (81%) mengalami gangguan paru campuran, 4 siswa/I (13%) mengalami gangguan paru restriktif, dan 2 siswa/i (6%) memiliki nilai fungsi paru normal. Uji korelasi menunjukkan bahwa tidak ada hubungan signifikan antara lama paparan merkuri dengan fungsi paru anak (FEV1 p= 0,076; r=0,318, FVC p=0,076; r=0,318, FEV1/FVC p=0,606; r=0,095). Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara lama paparan merkuri dengan fungsi paru pada anak sekolah dasar di wilayah pertambangan emas skala kecil.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Lama paparan merkuri, pertambangan emas skala kecil, fungsi paru, anak
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 29 Jul 2019 06:31
Last Modified: 29 Jul 2019 06:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14169

Actions (login required)

View Item View Item