KEBIJAKAN LUAR NEGERI AMERIKA SERIKAT DAN KUBA DALAM UPAYA NORMALISASI HUBUNGAN BILATERAL ERA BARACK OBAMA (PERIODE 2013-2016)

Sumantri, Rudi (2019) KEBIJAKAN LUAR NEGERI AMERIKA SERIKAT DAN KUBA DALAM UPAYA NORMALISASI HUBUNGAN BILATERAL ERA BARACK OBAMA (PERIODE 2013-2016). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Rudi Sumantri_L1A014039.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya normalisasi hubungan bilateral antara Amerika Serikat dengan Kuba di era Presiden Barack Obama pada tahun 2013-2016. Proses perumusan kebijakan luar negeri kedua negara tidak hanya dipengaruhi oleh Presiden tetapi juga lembaga pemerintahan dan kelompok kepentingan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Sebagian data dikumpulkan melalui studi pustaka dan penulusuran website. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan normalisasi hubungan bilateral antara Amerika Serikat dengan Kuba terdapat faktor kepentingan nasional yang ingin dicapai yakni kepentingan ekonomi dan kepentingan politik. Selain Barack Obama dan Raul Castro, peran Dewan Keamanan Nasional Amerika, Kongres dan Departemen Luar Negeri dalam perumusan kebijakan sangat signifikan. Lobi politik kelompok kepentingan sangat berperan dalam isu normalisasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah proses perumusan kebijakan luar negeri oleh AS dan Kuba untuk mencapai normalisasi sangat kompleks. Kepentingan nasional kedua negara yang mendasari pembuatan kebijakan, koordinasi lembaga-lembaga pemerintahan satu sama lain dengan presiden hingga lobi politik kelompok kepentingan telah memberikan suasana baru dalam membangun kembali relasi yang lebih normal dan kondusif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kebijakan Luar Negeri, Normalisasi, Kepentingan Nasional, Hubungan Bilateral
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 01 Aug 2019 07:38
Last Modified: 01 Aug 2019 07:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14186

Actions (login required)

View Item View Item