PENGGUNAAN MAJAS PERSONIFIKASI DALAM KUMPULAN PUISI “BERGURU KEPADA RINDU” KARYA ASEP ZAMZAM NOOR DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMK

NURFAIDAH, NURFAIDAH (2019) PENGGUNAAN MAJAS PERSONIFIKASI DALAM KUMPULAN PUISI “BERGURU KEPADA RINDU” KARYA ASEP ZAMZAM NOOR DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)

Abstract

Penelitian ini membahas wujud majas personifikasi pada kumpulan puisi “Berguru Kepada Rindu” karya Asep Zamzam Noor dan implikasinya dalam pembelajaran sastra. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan wujud majas personifikasi dan mengetahui implikasinya dalam pembelajaran sastra di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa larik-larik puisi yang mengandung majas personifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, Ada 28 judul puisi yang terdapat majas personifikasi. Dari 28 (tiga puluh dua) judul puisi tersebut, ada tujuh puluh empat penggunaan personifikasi yang dianalisis berupa ciri fisik, sikap, sifat, keadaan atau suasana,dan tingkah laku manusia serta implikasinya terhadap pembelajaran sastra di sekolah. Hasil analisis terdapat sembilan data yang dikategorikan ke dalam personifikasi ciri fisik manusia seperti data yang ditemukan pada salah satu larik “Lalu dari rahim waktu yang gembur bayi-bayi melambaikan tangannya ke udara”. Dua data kategori personifikasi sikap manusia, terdapat pada salah satu larik “Keteguhan dipegang ufuk sebagai pembatas ruang dan waktu”. Tujuh data kategori personifikasi sifat manusia, terdapat pada salah satu larik “Ku ikuti camar-camar yang gembira”. Tiga data kategori personifikasi suasana atau keadaan, terdapat pada salah satu larik “Ketika ombak berkejaran dengan sunyi”. Lima puluh tiga data kategori personifikasi tingkah laku manusia, terdapat pada salah satu larik “Ingin selalu ku pelihara gelombang di hatiku”. Dengan demikian, Asep Zamzam Noor menggunakan majas personifikasi paling banyak berkategori tingkah laku manusia dalam kumpulan puisi “Berguru Kepada Rindu”.Penelitian ini sesuai dengan KD dan Indikator yang berlaku di SMK. Kompetensi dasar 3.17 “menganalisis unsur-unsur pembangun majas” dengan indikator menganalisis bentuk-bentuk majas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Personifikasi, Puisi, Pembelajaran Sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 08 Aug 2019 00:40
Last Modified: 08 Aug 2019 00:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14237

Actions (login required)

View Item View Item