PENGARUH MODEL BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN BRAIN GYM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK

NOVALIANTI, KADEK ESSY (2019) PENGARUH MODEL BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN BRAIN GYM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KADEK ESSY NOVALIANTI PDF SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model brain based learning berbantuan brain gym terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, (2) pengaruh motivasi belajar fisika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, dan (3) interaksi antara model brain based learning berbantuan brain gym dan motivasi belajar fisika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2 × 2. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAN 4 Mataram tahun pelajaran 2018/2019. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model brain based learning berbantuan brain gym sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Data diambil menggunakan tes essay untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik dan angket untuk mengetahui motivasi belajar fisika peserta didik. Hasil tes akhir kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 61,6 dan nilai rata- rata kelas kontrol 52,4. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji anava dua jalan dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh model brain based learning berbantuan brain gym terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik; 2) terdapat pengaruh motivasi belajar fisika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik; serta 3) tidak terdapat interaksi antara model brain based learning berbantuan brain gym dan motivasi belajar fisika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model brain based learning, brain gym, kemampuan berpikir kritis, motivasi belajar fisika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 09 Aug 2019 01:03
Last Modified: 09 Aug 2019 01:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14244

Actions (login required)

View Item View Item