PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS OUTDOOR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 24 AMPENAN TAHUN AJARAN 2018/2019

ARNANINGSIH, YULIARTI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS OUTDOOR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 24 AMPENAN TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi full-yuliarti arnaningsih.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis outdoor terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 24 Ampenan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental design. Sampel penelitian berjumlah 52 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Pada kelas ekperimen menggunakan model pembelajaran kontekstual berbasis outdoor, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang diggunakan adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil perhitungan lembar observasi guru dalam melaksanakan model pembelajaran kontekstual berbasis outdoor, dipeloleh persentase keterlaksanaan sebesar 100%, yang menunjukan bahwa pembelajaran terlaksana sangat baik. Sedangkan berdasarkan hasil penelitian dari uji normalitas dan homogenitas data dari kedua kelompok sampel, bahwa kedua data normal dan homogen, sehingga pengujian hipotesis digunakan uji-t polled varians. Dari hasil analisis diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,42 > 2,00 pada taraf signifikan 5 %, maka Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis outdoor terhadap hasil belajar IPA. Dapat dilihat bahwa rerata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada rerata kelas kontrol yaitu 75 dan 69,6. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kontekstual berbasis outdoor memberikan hasil yang lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajara IPA kelas IV SDN 24 Ampenan Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Outdoor, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 14 Aug 2019 03:16
Last Modified: 14 Aug 2019 03:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14287

Actions (login required)

View Item View Item