KOREAN POP (K-POP) DAN GAYA HIDUP REMAJA PUTRI (Analisis Fenomenologi tentang K-Pop di Kalangan Remaja Putri SMAN 1 Gerung)

ZATIA, BAIQ (2019) KOREAN POP (K-POP) DAN GAYA HIDUP REMAJA PUTRI (Analisis Fenomenologi tentang K-Pop di Kalangan Remaja Putri SMAN 1 Gerung). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI KOREAN POP (K-POP) DAN GAYA HIDUP REMAJA PUTRI DI SMAN 1 GERUNG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui proses terjadinya imitasi remaja putri di SMAN 1 Gerung terhadap K-Pop (2) untuk mengetahui bentuk imitasi yang dilakukan remaja putri di SMAN 1 Gerung terhadap K-Pop dan (3) untuk mengetahui dampak imitasi K-Pop terhadap gaya hidup remaja putri di SMAN 1 Gerung. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi. Pengumpulan data dalam peneitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepopuleran K-Pop mengarahkan para remaja putri di SMAN 1 Gerung kearah perilaku imitasi mulai dari proses imitasi K-Pop yang berawal dari pengaruh peer group dengan didukung adanya media sosial youtube yang memudahkan para remaja putri untuk mengakses semua yang berkaitan dengan K-Pop sehingga mengakibatkan tindakan imitasi seperti meniru fashion ala K-Pop, make up ala K-Pop dan dance cover K-Pop yang juga mengarah pada tindakan identifikasi karena melakukan peniruan yang mengacu pada perilaku idolanya. Selain itu juga, K-Pop memberikan dampak positif berupa mampu berbahasa Korea seperti yang sering digunakan para idol K-Pop untuk berkomunikasi dan memiliki banyak teman dengan sesama penggemar K-Pop lainnya. Dampak negatifnya yaitu sering terlibat pertentangan karena ingin membela idol K-Pop idolanya dan perilaku konsumtif pemborosan dengan membeli segala bentuk marchendise K-Pop dengan harga yang mahal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): K-Pop, Proses Imitasi, Bentuk Imitasi, Dampak Imitasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 14 Aug 2019 03:15
Last Modified: 14 Aug 2019 03:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14292

Actions (login required)

View Item View Item