ANALISIS PUISI “MEMANG SELALU DEMIKIAN, HADI” KARYA TAUFIK ISMAIL MENGGUNAKAN KAJIAN SEMIOTIKA TEORI ROLAND BARTHES DAN HUBUNGANNYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP

Aprilia, Elisa (2019) ANALISIS PUISI “MEMANG SELALU DEMIKIAN, HADI” KARYA TAUFIK ISMAIL MENGGUNAKAN KAJIAN SEMIOTIKA TEORI ROLAND BARTHES DAN HUBUNGANNYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi fixxxx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji puisi “Memang Selalu Demikian, Hadi” karya Taufik Ismail menggunakan kajian semiotika teori Roland Barthes dan hubungannya terhadap pembelajaran sastra di SMP. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah makna puisi “Memang Selalu Demikian, Hadi” karya Taufik Ismail menggunakan kajian semiotika teori Roland Barthes dan bagaimanakah hubungan puisi “Memang Selalu Demikian, Hadi” dengan pembelajaran sastra di SMP. Teori yang dijadikan landasan pada penelitian ini adalah teori semiotika Roland Barthes. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian semiotika, karena menganalisis setiap tanda yang terdapat dalam data. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pustaka dan teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik catat. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Puisi “Memang Selalu Demikian, Hadi” memiliki makna bahwa setiap memperjuangkan sesuatu pastilah akan ada rintangan, hambatan, persoalan bahkan tantangan, yang dalam puisi ini digambarkan dengan adanya pengkhianatan, kebimbangan, dan orang-orang yang mendahulukan kepentingan pribadi. Hal demikian memang selalu terjadi dalam setiap permasalahan. Puisi “Memang Selalu Demikian, Hadi” termasuk dalam pembelajaran di kelas VIII, yaitu pada KD 3.8 dan 4.8 tentang menelaah unsur-unsur yang terdapat dalam sebuah teks puisi. Sehingga, puisi “Memang Selalu Demikian, Hadi” dapat dijadikan salah satu bahan ajar untuk meningkatkan apresiasi siswa terhadap karya sastra khususnya puisi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): makna, sastra, semiotika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Aug 2019 23:59
Last Modified: 19 Aug 2019 03:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14310

Actions (login required)

View Item View Item