STRUKTUR KOMUNITAS LAMUN (Seagrass) DAN KEPADATAN PERIFITON PADA PADANG LAMUN DI PERAIRAN TELUK SERINTING DAN PERAIRAN PANTAI KUTA LOMBOK TENGAH

Yuliana, Dian (2019) STRUKTUR KOMUNITAS LAMUN (Seagrass) DAN KEPADATAN PERIFITON PADA PADANG LAMUN DI PERAIRAN TELUK SERINTING DAN PERAIRAN PANTAI KUTA LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Lamun (Seagrass) adalah kelompok tumbuh-tumbuhan berbunga yang terdapat di ligkungan laut. Perifiton merupakan organisme yang dapat hidup melekat pada permukaan daun lamun. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi struktur komunitas lamun dan struktur perifiton, mengidentifikasi indeks kepadatan perifiton yang berasosiasi dengan lamun di perairan Teluk Serinting dan perairan Kuta Lombok Tengah. Lokasi penelitian di perairan Teluk Serinting dan perairan Kuta Lombok Tengah, dibagi atas tiga stasiun yang dibedakan menurut arah dan keadaan substrat. Pada stasiun terdiri dari 11 plot. jarak antar stasiun 50m dan antar plot adalah 10m. Pengambilan perifiton dilakukan dengan cara memotong daun lamun sepanjang 10cm untuk tiap stasiun, kemudian dikerik, dan diencerkan kedalam larutan formalin 4% sebanyak 10 ml. pengamatan dilakukan di Laboratorium Biologi FKIP Universitas Mataram. Berdasarkan hasil penelitian di perairan Teluk Serinting didapatkan 3 jenis lamun yaitu Halodule pinifolia, Syringodium isoetifolium, dan Halophila ovalis. Dan di perairan Kuta terdapat 4 jenis lamun yaitu Halodule pinifolia, Syringodium isoetifolium, Halophila ovalis, dan Cymodecea serrulata. Lamun yang mendominasi di kedua lokasi tersebut adalah Halodule pinifolia dan Syringodium isoetifolium. Komposisi perifiton pada setiap jenis lamun umumnya sama. ditemukan lima kelas perifiton di setiap spesies lamun. Morfologi pada masing-masing lamun di stasiun ini berbeda. Berdasarkan analisis PCA diperoleh variabel kerapatan lamun memiliki korelasi negatif dengan nitrat, dan fosfat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Struktur komunitas, perifiton, lamun, kondisi lingkungan perairan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Aug 2019 02:59
Last Modified: 19 Aug 2019 02:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14324

Actions (login required)

View Item View Item