PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA DALAM MUATAN IPS KELAS IV SDN GUGUS 01 KECAMATAN PRINGGARATA LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019

NOVIBRIAWAN, FEDIK (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA DALAM MUATAN IPS KELAS IV SDN GUGUS 01 KECAMATAN PRINGGARATA LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) terhadap keterampilan berkomunikasi siswa dalam muatan IPS kelas IV SDN Gugus 01 Kecamatan Pringgarata, Lombok Tengah tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen jenis Quasi Eksperimental Design Tipe Nonequivalent Control Grup Design. Tehnik sampling yang digunakan adalah Purvosive Sampling yaitu mempertimbangkan segala macem aspek dalam penentuan sampel. Metode pengumpulan data yaitu observasi yaitu berupa lembar observasi siswa atau pengamatan langsung dan rubrik sebagai acuan penilaian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus t-test polled varians untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) terhadap keterampilan berkomunikasi siswa. Berdasarkan hasil post-test diperoleh nilai rata-rata keterampilan berkomunikasi siswa pada kelas eksperimen adalah 75,9 dan kelas kontrol 67,8. Hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung lebih besar dari pada ttabel yakni nilai thitung 2,84 sedangkan ttabel 2,006 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) terhadap keterampilan berkomunikasi siswa dalam muatan IPS kelas IV SDN Gugus 01 kecamatan Pringgarata, Lombok Tengah tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together), keterampilan berkomunikasi siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 20 Aug 2019 06:16
Last Modified: 20 Aug 2019 06:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14328

Actions (login required)

View Item View Item