PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN PHET SIMULATIONS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK

Jumiati, Ati (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN PHET SIMULATIONS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran Guided discovery berbantuan PhET simulation terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain Non Equivalent Control Group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA MAN 1 Mataram tahun ajaran 2018/2019 dan teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling. Terdapat dua kelas yang diambil yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa model pembelajaran Guided discovery berbantuan PhET simulation dan kelas kontrol berupa model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur penguasaan konsep fisika adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda sebanyak 10 butir soal dan uraian sebanyak 5 butir soal. Data posttest penguasaan konsep di uji normalitas dan homogenitas dilanjutkan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t independen dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut didapatkan nilai thitung > ttabel yaitu 2,04 > 1,99 yang berarti bahwa Ho ditolak, sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Guided discovery berbantuan PhET simulation terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Guided discovery, PhET simulation, Penguasaan Konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 26 Aug 2019 01:50
Last Modified: 26 Aug 2019 01:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14380

Actions (login required)

View Item View Item