SUWANDI, ARKA (2019) LANGUAGE AND THE UPWARD MOBILITY IN SOCIAL CLASSES: A SOCIOLINGUISTIC STUDY AT DUSUN TUTUK-JEROWARU EAST LOMBOK. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
my thesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial terhadap gaya bahasa yang digunakan di komunitas Dusun Tutuk dan juga mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan status sosial terhadap gaya bahasa yang digunakan. Kemudian, bagian selanjutnya adalah menganalisis hubungan antara peningkatan status social dan gaya bahasa yang digunakan di komunitas Dusun Tutuk. Populasi penelitian ini adalah orang-orang di desa, teknik pengambilan sampeladalah purposive sampling, yang memungkinkan penulis untuk memilih sampel secara acak dari populasi. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif-kualitatif dengan fokus pada desain etnografi. Pengamatan, perekaman, wawancara dan pencatatan adalah teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh peningkatan status social terhadap gaya bahasa yang digunakan di mana penggunaan base alus dan base jamaq berubah. Di Dusun Tutuk, Jerowaru Lombok Timur, base alus tidak hanya digunakan oleh para bangsawan tetapi juga oleh para non-bangsawan ketika mereka berinteraksi baik dengan para bangsawan maupun non-bangsawan. Fenomena ini dipengaruhi oleh empat faktor: posisi sosial di masyarakat, tingkatpendidikan, tokoh agama, dan tingkat ekonomi. Dalam komunitas Sasak, bahasa yang tepat harus digunakan untuk orang yang tepat, terlepas dari statusnya sebagai bangsawan atau bukan bangsawan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Bahasa, peningkatan status sosial, kelas sosial, komunitas sasak |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 23 Aug 2019 08:01 |
Last Modified: | 23 Aug 2019 08:01 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14382 |
Actions (login required)
View Item |