PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK KOLABORASI DENGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS DI SDN GUGUS V KECAMATAN SELAPARANG)

HERAWATI, AINA (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK KOLABORASI DENGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS DI SDN GUGUS V KECAMATAN SELAPARANG). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi pak dirman fix-1-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Kolaborasi dengan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus Di SDN Gugus V Kecamatan Selaparang). Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1247 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive sampling dengan jumlah sampel 81 siswa dari 2 sekolah. Dimana 39 siswa dari kelas 5 SDN 03 Mataram menjadi kelas eksperimen dan 42 siswa kelas 5 SDN 43 Mataram menjadi kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data dianalisis menggunakan analisis statistic parametric. Berdasarkan hasil pretest dan posttest skor selisih diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa dengan penerapan model pembelajaran talking Stick kolaborasi dengan media video pembelajaran kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol yang hanya menggunakan model pembelajaran talking Stick. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t dua pihak menggunankan rumus polled varians.yaitu jika thitung ≥ ttabel, maka H0 ditolak danHa diterima. Karena diperoleh thitung ≥ ttabel maka dapat di nyatakan bahwa hipotesis penelitian ini di terima yang berarti bahwa terdapatPengaruh Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Kolaborasi dengan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus Di SDN Gugus V Kecamatan Selaparang).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Talking Stick Media Video Pembelajaran, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 26 Aug 2019 02:59
Last Modified: 26 Aug 2019 02:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14389

Actions (login required)

View Item View Item