HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN AWAL KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI MINYAK BUMI DI MAN 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2018/2019

HARYATI, EKA (2019) HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN AWAL KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI MINYAK BUMI DI MAN 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan kemampuan awal keterampilan berpikir kritis siswa pada materi minyak bumi di MAN 1 Mataram tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif ex-post facto dengan rancangan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI MIA MAN 1 Mataram yang berjumlah 125 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 95 siswa. Pengumpulan data kemampuan awal keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan tes dan minat belajar menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik inferensial. Hasil uji hipotesis regresi sederhana diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,299 dengan rtabel sebesar 0,202 pada taraf signifikan 5%, karena rhitung lebih besar dari rtabel, maka hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara minat belajar dengan kemampuan awal keterampilan berpikir kritis. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh 8,94%. Hasil uji signifikansi koefisien korelasi menunjukkan bahwa nilai Fhitung = 9,095 lebih besar daripada Ftabel = 3,96. Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan kemampuan awal keterampilan berpikir kritis siswa pada materi minyak bumi di MAN 1 Mataram tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): minat belajar, kemampuan awal keterampilan berpikir kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 26 Aug 2019 02:57
Last Modified: 26 Aug 2019 02:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14394

Actions (login required)

View Item View Item