TINJAUAN YURIDIS TINDAK PIDANA PERIKANAN (ILLEGAL FISHING) DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO. 31 TAHUN 2004 SEBAGAIMANA TELAH DIUBAH DENGAN UNDANG-UNDANG NO. 45 TAHUN 2009 TENTANG PERIKANAN

BAKTI, M. ZAKARIA WIRA (2019) TINJAUAN YURIDIS TINDAK PIDANA PERIKANAN (ILLEGAL FISHING) DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO. 31 TAHUN 2004 SEBAGAIMANA TELAH DIUBAH DENGAN UNDANG-UNDANG NO. 45 TAHUN 2009 TENTANG PERIKANAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI perujangan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji bentuk-bentuk tindak pidana dan sanksi pidana perikanan dalam Undang-Undang No. 31 Tahun 2004 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang No. 45 Tahun 2009 tentang perikanan. Bertujuan untuk mengetahui bentuk tindak pidana perikanan dan sanksi pidana berdasarkan Undang-Undang Tentang Perikanan. Penelitian ini merupakan penelitian normatif dengan menggunakan dua macam pendekatan yaitu pendekatan perundang-undangan dan pendekatan koseptual. Bentuk tindak pidana perikanan yaitu: penangkapan ikan dengan menggunakan bahan peledak, penagkapan ikan oleh kapal berbendera asing di ZEEI, pemalsuan surat izin perikanan, pengerusakan plasma nutfah, pengelolaan ikan yang tidak memenuhi dan tidak menerapkan persyaratan kelayakan pengolahan ikan. Jenis pidana dibidang perikanan yaitu: pidana penjara dan pidana denda. Berdasarkan Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 3 Tahun 2015 sebagai pedoman pelaksanaan tugas bagi pengadilan, pada huruf A angka 3 mengatur bahwa “Dalam perkara illegal fishing di wilayah ZEEI terhadap terdakwa hanya dapat dikenai pidana denda tanpa dijatuhi kurungan pengganti denda”.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tindak pidana perikanan.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 03 Sep 2019 02:16
Last Modified: 03 Sep 2019 02:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14468

Actions (login required)

View Item View Item