POLA INTERAKSI SOSIAL DALAM PEMBINAAN SANTRI DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN DARUL KAMILINDESA BAKAN KECAMATAN JANAPRIA KABUPATEN LOMBOKTENGAH (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Darul Kamilin Bakan)

SUHAEDI, SUHAEDI (2019) POLA INTERAKSI SOSIAL DALAM PEMBINAAN SANTRI DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN DARUL KAMILINDESA BAKAN KECAMATAN JANAPRIA KABUPATEN LOMBOKTENGAH (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Darul Kamilin Bakan). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Masalah yang hendak di jawab dalam penelitian: (1) pola interaksi sosial guru dengan santri, (2) pola pembinaan santri, dan (3) hambatan-hambatan yang terdapat di pondok pesantren. Seiring maslah penelitian maka tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui pola interaksi sosial di pondok pesantren Darul Kamilin Bakan, (2) mengetahui pola pembinaan santri di pondok pesantren Darul Kamilin Bakan, dan (3) mengetahui hambatan-hambatan yang berada di pondok pesantren Darul Kamilin Bakan. Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini kualitatif dengan metode studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah ketua yayasan, ustad/guru, penjaga pondok, santri dan orang tua santri sedangkan informan dalam penelitian ini adalah perwakilan dari Kantor Kementrian Agama (KEMENAG). Sementara untuk mengumpulkan data penelitian digunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pola interaksi sosial yang terdapat di pondok pessantren Darul Kamilin Bakan yaitu adanya kerjasama yang terjadi di pondok pesantren tersebut, adanya kompromi, persaingan kan kontravensi yang terjadi di pondok pesantren tersebut, (2) pola pembinaan yang terdapat di pondok pesantren Darul Kamilin Bakan berupa pola pembinaan jasmaniah dan pola pembinaa agama, dan (3) hambatan-hambatan yang terdapat di pondok pesantren Darul Kamilin Bakan seperti hambatan internal dan eksternal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pola Interaksi Sosial, Pembinaan Santri.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 23 Sep 2019 03:26
Last Modified: 23 Sep 2019 03:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14588

Actions (login required)

View Item View Item