KONSTRUKSI SOSIAL RITUAL PENGGUNAAN AIK KEMALIQ SEBAGAI MEDIA PENGOBATAN OLEH MASYARAKAT DASAN PUNGKANG DESA MASBAGIK TIMUR

Aziz, Abdul (2019) KONSTRUKSI SOSIAL RITUAL PENGGUNAAN AIK KEMALIQ SEBAGAI MEDIA PENGOBATAN OLEH MASYARAKAT DASAN PUNGKANG DESA MASBAGIK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AZIZ.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah ritual penggunaan aik kemaliq sebagai media pengobatan yang ada di Dasan Pungkang Desa Masbagik Timur ditinjau dari perspektif fenomenologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimanakah ritual penggunaan aik kemaliq sebagai media pengobatan yang ada di Dasan Pungkang Desa Masbagik Timur ditinjau dari perspektif fenomenologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan snowball. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pelaksanaan ritual aik kemaliq dimulai dari (1). Pergi ke orang yang memliki kelebihan (belian). (2). Mertuq (proses pemberitahuan penyakit yang disebabkan oleh kemaliq). (3). Apabila ketemuq atau terkena maka segera menyiapkan dan membawa hal-hal yang dibutuhkan ke kemaliq. Benda yang harus disiapkan, yaitu (1). Daun sirih dan buah pinang (2). Beras (3). Uang logam (4). Ayam. Waktu yang paling baik dalam melaksanakan ritual pengobatan aik kemaliq ini adalah hari kamis dan hari jum’at saat pagi dan sore sekitar jam 6 pagi dan jam 5 sore. Penyakit yang ditimbulkan seperti penyakit pada umumnya yaitu gatal-gatal (tiwang), sakit perut, sakit di dada, sesak nafas. Bagi masyarakat yang percaya kemaliq.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Konstruksi Sosial Ritual Penggunaan Aik Kemaliq, Media Pengobatan, Makna Simbolik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 23 Sep 2019 03:26
Last Modified: 23 Sep 2019 03:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14589

Actions (login required)

View Item View Item