STRATEGI PENGUMPUL BATU APUNG DALAM MEMBANTU PEMENUHAN KEBUTUHAN KELUARGA (Kasus Perempuan di Desa Anggaraksa Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur)

Nurita, Maya (2019) STRATEGI PENGUMPUL BATU APUNG DALAM MEMBANTU PEMENUHAN KEBUTUHAN KELUARGA (Kasus Perempuan di Desa Anggaraksa Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Maya Nurita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dari aktivitas ekonomi pengumpul batu apung di Desa Anggaraksa, kemudian bagaimana strategi pengumpul batu apung dalam membantu pemenuhan kebutuhan keluarga, dan untuk mengetahui dampak dari strategi pengumpul batu apung terhadap kesejahteraan keluarga. Penelitian ini menggunakan teori pilihan rasional (rational choice). Teori pilihan rasional berada dalam paradigma perilaku sosial. Teori ini digunakan untuk mencari tahu bagaimana strategi yang dilakukan oleh keluarga pengumpul batu apung dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang memfokuskan pada strategi pengumpul batu apung dalam membantu pemenuhan kebutuhan keluarga. Mengambil tempat di Dusun Sanggar Sukun tepatnya di Desa Anggaraksa, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur. Menggunakan sumber data primer dan sekunder. Unit analisis adalah individu. Penarikan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi lapangan, kemudian wawancara mendalam. teknik analisis data menggunakan sistem analisis kualitatif model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa setiap aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat yang bekerja sebagai pengumpul batu apung baik yang menjual kepada tengkulak ataupun kepada pengepul, pastinya memiliki keuntungan tersendiri satu sama lain. Terdapat lima strategi yang dilakukan yaitu pemenuhan kebutuhan diserahkan kepada istri, menghemat pengeluaran, melakukan pekerjaan serabutan, meminjam uang kepada saudara, teman, ataupun tetangga, serta menyisihkan penghasilan untuk ditabung. Dampak yang didapatkan merupakan suatu dampak yang memang ingin mereka dapatkan sesuai dengan strategi yang dilakukan selama ini ketika bekerja sebagai pengumpul batu apung. Meskipun terdapat perbedaan mengenai dampak atau hasil yang didapatkan tapi, masing-masing hal tersebut membawa dampak yang cukup baik bagi keuangan mereka untuk menambah penghasilan sehingga mereka bisa memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Dengan dampak atau hasil yang didapatkan itulah yang kemudian membuat mereka terus bekerja sebagai pengumpul batu apaung, dengan kata lain terus melakukan hal yang sama secara berulang-ulang sehingga menjadikan aktivitas mengumplkan batu apung menjadi rutinitas dan keseharian mereka selama ini.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi, Pengumpul Batu Apung, Pengepul, Tengkulak, Batu Apung, Dusun Sanggar Sukun
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 23 Sep 2019 03:20
Last Modified: 23 Sep 2019 03:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14598

Actions (login required)

View Item View Item