FENOMENA PENGEMIS DI KOTA MATARAM Studi Konstruksi Sosial tentang Strategi Bertahan Hidup Pengemis di Kecamatan Sekarbela Kota Mataram

Rizkiandi, Rizwan (2019) FENOMENA PENGEMIS DI KOTA MATARAM Studi Konstruksi Sosial tentang Strategi Bertahan Hidup Pengemis di Kecamatan Sekarbela Kota Mataram. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Rizwan Rizkiandi Sosiologi Fisipol UNRAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Fenomena Pengemis di Kota Mataram: Studi Konstruksi Sosial tentang Strategi Bertahan Hidup Pengemis di Kecamatan Sekarbela Kota Mataram”ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor penyebab munculnya pengemis, makna pengemis dan kegiatan mengemis dan strategi bertahan hidup pengemis dalam lingkungan sosialnya. Aktivitas menjadi pengemis yang dilakukan oleh sebagian anggota masyarakat di Kecamatan Sekarbela, umumnya dilaksanakan untuk tujuan memenuhi kebutuhan hidupnya baik kebutuhan ekonomi, sosial dan lainnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologidan menggunakan kerangka pemikiran Peter L. Berger dan Thomas Luckmann (1966) tentangKonstruksi Sosialserta Erik Snel dan Richard Staring (2001) tentangStrategi Bertahan Hidupsebagai pisau analisis dengan beberapa konsep sosiologi yang relevan dengan kajian penelitian. Informan dipilih dengan teknik purposivesampling dan snowball sampling. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa munculnya pengemis disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor pendorong dan faktor penarik.Perkembangan pengemis di Kecamatan Sekarbela Kota Mataram ini tidak luput dari terbentuknya pengetahuan yang dikonstruksi berdasarkan pengalaman, pengaruh orang terdekat dan lingkungan sosial pelaku. Hasil dari pengetahuan tentang aktivitas mengemis atau „penunggu sedekah‟ tersebut kemudian memunculkan tindakan serta perilaku yang digunakan sebagai strategi bertahan hidup guna memenuhi kebutuhan dan keberlangsungan hidupnya. Pelaku pengemis tersebut dalam lingkungan sosialnya membutuhkan strategi bertahan hidup sebagai pengemis yakni secara sosial dan ekonomi.Strategi bertahan hidup pengemis dalam lingkungan masyarakat baik di lingkup para pengemis lainnya dan juga masyarakat secara luas dilakukan saling menghargai antar pengemis, saling melindungi, tindakan kolektif dan tindakan manipulatif hal tersebut dilakukan secara sosial. Secara ekonomi, pengemis melakukan upaya dengan menjalankan satu jenis pekerjaan (single survival strategy) yakni sebagai pengemis dan menjalankan berbagai jenis pekerjaan (multiple survival strategies) selain mengemis agar mampu bertahan hidup dalam memenuhi kebutuhannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Fenomena, Pengemis, Konstruksi Sosial, Strategi Bertahan Hidup
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Sep 2019 04:15
Last Modified: 25 Sep 2019 04:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14601

Actions (login required)

View Item View Item