PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMAN 1 KURIPAN TAHUN AJARAN 2018/2019

USWATI, SUMI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMAN 1 KURIPAN TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI SMAN 1 Kuripan pada materi laju reaksi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Kuripan. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas control, yang ditentukan melalui teknik pengambilan sampel nonprobability sampling, dengan desain penelitian non-equivalent control group design pretest-posttest. Variable bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran POE dan variable terikatnya adalah hasil belajar siswa dalam ranah kognitif. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji Anakova. Hasil uji statistik dengan uji anakova pada taraf signifikan 5% dengan db = 1:59 menunjukkan Fhitung (15,24) > Ftabel (4,00) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model POE memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar kimia pada materi laju reaksi siswa kelas XI IPA SMAN 1 Kuripan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain), materi laju reaksi, hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Sep 2019 04:14
Last Modified: 25 Sep 2019 04:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14613

Actions (login required)

View Item View Item