PENGARUH UMUR PENYISIPAN BEBERAPA VARIETAS KACANG TANAH TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PADI BERAS HITAM PADA SISTEM AEROBIK

SIMANJUNTAK, Oleh NADYA AGUNA MIGUEL (2019) PENGARUH UMUR PENYISIPAN BEBERAPA VARIETAS KACANG TANAH TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PADI BERAS HITAM PADA SISTEM AEROBIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NADYA AGUNA MIGUEL SIMANJUNTAK (C1M015136).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh varietas dan umur penyisipan kacang tanah terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman padi beras hitam yang ditanam pada sistem aerobik. Percobaan dilaksanakan di Desa Beleke, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat dari bulan September 2018 sampai Januari 2019, yang ditata menurut Rancangan Split Plot dengan tiga blok (ulangan) dan dua faktor perlakuan, yaitu faktor Petak Utama yaitu umur penyisipan kacang tanah (pada saat padi berumur 1 MST (W1), 2 MST (W2), atau 3 MST (W3)), dan faktor Anakan Petak yaitu varietas kacang tanah (varietas Hypoma-1 (V1), Hypoma-3 (V2), dan Takar-1(V3)). Pada setiap blok juga dibuat monokrop padi beras hitam untuk menghitung LER parsial hasil gabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan tanaman padi beras hitam berbeda antar waktu penyisipan tanaman kacang tanah; tinggi tanaman paling tinggi pada penyisipan 1 MST sedangkan jumlah daun dan anakan saat berbunga paling tinggi pada penyisipan 3 MST, tetapi komponen hasil tidak berbeda nyata antar waktu penyisipan kacang tanah. Namun demikian, NKL parsial hasil gabah lebih tinggi pada tanaman padi beras hitam yang disisipi tanaman kacang tanah dibandingkan tanaman padi beras hitam monokrop. Varietas kacang tanah juga tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan dan komponen hasil padi beras hitam, kecuali terhadap tinggi tanaman di mana padi beras hitam paling tinggi bila disisipi kacang tanah varietas Hypoma-1 (V1). Namun demikian, tidak terdapat interaksi antara varietas dan waktu penyisipan kacang tanah terhadap pertumbuhan maupun komponen hasil padi beras hitam.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Umur Penyisipan, Varietas Kacang Tanah, Padi Beras Hitam.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Sep 2019 04:14
Last Modified: 25 Sep 2019 04:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14615

Actions (login required)

View Item View Item