PENGARUH PERBANDINGAN JUMLAH BARIS PADI DAN KACANG HIJAU TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA GALUR HARAPAN PADI BERAS MERAH PADA SISTEM AEROBIK

Kharisma, Nola Herti (2019) PENGARUH PERBANDINGAN JUMLAH BARIS PADI DAN KACANG HIJAU TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA GALUR HARAPAN PADI BERAS MERAH PADA SISTEM AEROBIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NOLA HERTI KHARISMA (C1M015145).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbandingan jumlah baris tanaman padi dan kacang hijau terhadap pertumbuhan dan hasil beberapa galur harapan padi beras merah pada sistem aerobik. Percobaan ini dilaksanakan mulai dari bulan September 2018 sampai bulan Januari 2019 di Desa Beleke Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat. Percobaan ini disusun menggunakan Rancangan Split Plot yang terdiri atas dua faktor. Faktor pertama digunakan 4 aras perlakuan yaitu G1 (galur 4), G2 (galur 10), G3 (galur 15) dan G4 (galur 21) dan faktor kedua digunakan 4 aras perlakuan yaitu B1 (1 baris padi diselingi dengan 2 baris kacang hijau), B2 (monocrop padi), B3(2 baris padi diselingi dengan 1 baris kacang hijau), B4 (2 baris padi diselingi dengan 2 baris kacang hijau. Data hasil percobaan dianalisis menggunakan sidik ragam pada taraf nyata 5%. Perlakuan yang berpengaruh nyata akan diuji lanjut menggunakan uji Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan pada pertumbuhan vegetatif dan pertumbuhan generatif yang dilihat dari intraksi berat brangkasan kering, jumlah malai, jumlah gabah berisi berat gabah berisi dan nisbah kesetaraan lahan menunjukkan perbandingan jumlah baris 2 baris padi yang diselingi 2 baris kacang hijau lebih tinggi dari perlakuan jumlah baris lainnya yang berinteraksi dengan galur 2 dan galur 4.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): padi beras merah, sistem aerobik, tumpangsari, kacang hijau
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Sep 2019 04:14
Last Modified: 25 Sep 2019 04:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14617

Actions (login required)

View Item View Item