PENGARUH KONSENTRASI KAYU KURUT (Dysoxylum parasiticum) DAN KAYU NANGKA (Artocarpus heterophyllus) TERHADAP FERMENTASI ALAMI NIRA DAN KUALITAS GULA AREN

Asyura, Siti Hikmatul (2019) PENGARUH KONSENTRASI KAYU KURUT (Dysoxylum parasiticum) DAN KAYU NANGKA (Artocarpus heterophyllus) TERHADAP FERMENTASI ALAMI NIRA DAN KUALITAS GULA AREN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-SITI HIKMATUL ASYURA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi kayu kurut dan kayu nangka terhadap total mikroba, nilai rendemen, pH, persentase gula reduksi dan uji organoleptik gula aren. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 6 perlakuan diantaranya 0 g/L, 3 g/L, 4 g/L, 5 g/L, 6 g/L dan 7 g/L. Data dianalisis menggunakan analisis sidik ragam (ANOVA) dengan software Co-Stat. Uji lanjut untuk uji mikrobiologis dan kimia menggunakan Metode Ortogonal Polinomial (MOP), uji organoleptik menggunakan uji Beda Nyata Jujur (BNJ). Analisis statistik pada nilai mikrobiologi dan kimia menunjukkan bahwa peningkatan kosentrasi kayu kurut dan kayu nangka (0 g/L – 7 g/L) berpengaruh nyata terhadap: (1) Penurunan total mikroba dan persentase gula reduksi, (2) Peningkatan nilai rendemen, pH nira dan gula aren. Peningkatan konsentrasi kayu kurut berpengaruh nyata terhadap hedonik dan scoring warna, aroma dan rasa. Uji scoring pada tekstur juga berpengaruh nyata tetapi tidak berpengaruh nyata pada hedonik tekstur. Peningkatan konsentrasi kayu nangka berpenagruh nyata terhadap uji hedonik warna dan rasa; dan scoring warna, aroma, tekstur dan rasa, tetapi tidak berpengaruh nyayta terhadap uji hedonik aroma dan tekstur. Menurut penerimaan panelis, perlakuan terbaik pada penelitian ini yaitu 7 g/L kayu kurut. Pada perlakuan ini, gula berwarna warna agak coklat gelap, aroma khas gula, tekstur agak keras, rasa manis agak pahit. Pada perlakuan ini, total mikroba 2,30 CFU/ml, nilai rendemen 495,33g, pH nira 6,72, pH gula 5,29, dan persentase gula reduksi 0,96%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kayu kurut, kayu nangka, nira, gula aren.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Sep 2019 04:14
Last Modified: 25 Sep 2019 04:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14618

Actions (login required)

View Item View Item