STUDI MANAJEMEN PRODUKSI DAN PEMASARAN USAHA PEMBIBITAN TANAMAN BUAH-BUAHAN DI KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

YONI, NI NYOMAN ANGGIA (2017) STUDI MANAJEMEN PRODUKSI DAN PEMASARAN USAHA PEMBIBITAN TANAMAN BUAH-BUAHAN DI KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, UPT. Perpustakaan.

[img] Text
JURNAL_NI NYOMAN ANGGIA Y_C1G013163.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen produksi, manajemen pemasaran, margin pemasaran, dan hambatan yang dihadapi oleh penangkar bibit tanaman buah-buahan baik bibit bersertifikat maupun non sertifikat di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif berdasarkan teknik survey dan wawancara. Penentuan lokasi penelitian secara purposive sampling, Pengambilan responden secara random sampling dan snowball sampling. Analisis data yang digunakan manajemen produksi, manajemen pemasaran, margin pemasaran, strategi marketing mix dan hambatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa jumlah skor rata-rata baik bibit bersertifikat maupun non sertifikat dikategorikan dengan manajemen baik dengan skor rata-rata yaitu 70. Pada kegiatan manajemen pemasaran terdapat empat hal penting yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Strategi marketing mix menunjukan bahwa terdapat diversifikasi produk berdasarkan jenis, kualitas, ukuran, dan harga. Penangkar memberikan pelayanan dan jaminan garansi terhadap produk. Pada usaha pembibitan tanaman buah-buahan terdapat empat saluran distribusi, jangkauan distribusi memiliki cakupan pemasaran hingga luar kabupaten. Promosi secara personal selling. Harga ditentukan berdasarkan kualitas, tinggi dan kelebatan bibit tanaman. Penangkar memberikan potongan harga setiap pembelian dalam jumlah banyak. Selanjutnya margin pemasaran bibit tanaman buah-buahan pada saluran III (Petani-Pedagang Pengecer-Konsumen) yaitu mangga Rp. 26.000/bibit, manggis Rp. 24.231/bibit, durian Rp. 41.964/bibit, dan rambutan Rp. 36.000/bibit. Sedangkan saluran pemasaran IV (Petani-Pedagang Pengempul-Pedagang Pengecer-Konsumen) yaitu mangga Rp. 34.937/bibit, manggis Rp. 36.000/bibit, durian Rp. 65.667/bibit, dan rambutan Rp. 45.875/bibit. Rp. 65.667/bibit, dan bibit tanaman rambutan sebesar Rp. 45.875/bibit.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Manajemen Produksi, Manajemen Pemasaran, Pembibitan tanaman buah-buahan.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 05 Feb 2018 03:15
Last Modified: 05 Feb 2018 03:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1467

Actions (login required)

View Item View Item