ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN INPUT PRODUKSI USAHA BUDIDAYA RUMPUT LAUT DI DESA SERIWE KECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Aprinata, Moch Edwin (2019) ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN INPUT PRODUKSI USAHA BUDIDAYA RUMPUT LAUT DI DESA SERIWE KECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui keuntungan petani pada usaha budidaya rumput laut di Desa Seriwe. (2) Menghitung dan menganalisis tingkat efisiensi penggunaan input produksi dalam usaha budidaya rumput laut di Desa Seriwe. (3) Untuk mengetahui hambatan yang dihadapi oleh petani rumput laut di Desa Seriwe. Metode penelitian yaitu menggunakan metode deskriptif dengan unit analisis petani rumput laut yang berlokasi di Kecamatan Jerowaru Desa Seriwe Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini dilakukan di Desa Seriwe secara Purposive Sampling dengan jumlah responden sebanyak 40 orang, yang dimana terbagi dalam tiga dusun yaitu Dusun Kaliantan, Dusun Semerang dan Dusun Seriwe. Pengumpulan data dilakukan dengan survey dan wawancara. Alat analisis data yang digunakan yakni Analisis Keuntungan, Fungsi Cobb-Douglass dan Analsisi Efisiensi Penggunaan Input. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Berdasarkan hasil analisis bahwa input tenaga kerja, jumlah bibit dan sistem budidaya berpengaruh nyata terhadap usaha budidaya rumput laut di Desa Seriwe Kecamatan Jerowaru, namun penggunaan input tersebut belum efisien sehingga perlu adanya penambahan input untuk meningkatkan produksi. 2) Keuntungan dari usaha budidaya rumput laut di Desa Seriwe Kecamatan Jerowaru, sebesar Rp. 9.921.284/luas tanam (13 Are) dalam sekali produksi dengan keuntungan per tahun senilai Rp. 79.370.272/luas tanam. 3) Kendala yang dihadapi oleh pembudidaya rumput laut di Desa Seriwe Kecamatan Jerowaru adalah ketersedian bibit yang masih minim, kurangnya pengetahuan tentang penanggulangan hama dan penyakit, serta kendala lain seperti modal dan iklim.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keuntungan, Tingkat Efisiensi dan Kendala
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 08 Oct 2019 04:50
Last Modified: 08 Oct 2019 04:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14696

Actions (login required)

View Item View Item