FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MIGRASI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEHIDUPAN EKONOMI MIGRAN (Kasus TKI di Desa Pijot Utara Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur)

Yuniarti, Hermin (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MIGRASI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEHIDUPAN EKONOMI MIGRAN (Kasus TKI di Desa Pijot Utara Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan: (1) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat melakukan migrasi di Desa Pijot Utara Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur; (2) mengetahui implikasi migrasi terhadap kehidupan ekonomi migran di Desa Pijot Utara Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik survey dengan wawancara 30 responden yang pernah menjadi TKI di luar negeri. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, faktor pendorong yang mempengaruhi migrasi migrasi adalah: 1) tekanan ekonomi, 2) pengaruh lingkungan, 3) biaya pendidikan anak, 4) menganggur, 5) konflik dalam rumah tangga ,6) mencari pengalaman. Faktor penarik yang mempengaruhi seseorang untuk melakukan migrasi yaitu: 1) pendapatan atau gaji yang tinggi 2) tersedianya lapangan pekerjaan. Implikasi terhadap kehidupan ekonomi migran yaitu, 1) mampu membiayai pendidikan anak, 2) mampu membuat/memperbaiki rumah, 3) membayar hutang, 4) membeli sepeda motor, 5) mampu membeli ternak, 6) memenuhi kebutuhan keluarga, dan 7) mendapat modal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Faktor Migrasi, Implikasi Ekonomi Migran.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 08 Oct 2019 04:50
Last Modified: 08 Oct 2019 04:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14698

Actions (login required)

View Item View Item