KAJIAN KEMAJUAN SELEKSI TINGKAT KETAHANAN CEKAMAN KEKERINGAN SETELAH DELAPAN SIKLUS SELEKSI MASSA DENGAN PENGENDALIAN PENYERBUKAN PADA TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.)

Agustin, Marsinta (2019) KAJIAN KEMAJUAN SELEKSI TINGKAT KETAHANAN CEKAMAN KEKERINGAN SETELAH DELAPAN SIKLUS SELEKSI MASSA DENGAN PENGENDALIAN PENYERBUKAN PADA TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MARSINTA AGUSTIN C1M015113.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata kemajuan seleksi per siklus tingkat ketahanan cekaman kekeringan setelah dilakukan delapan siklus seleksi massa dengan pengendalian penyerbukan dan mengetahui peningkatan daya hasil populasi hasil seleksi siklus delapan pada kondisi cekaman kekeringan serta mengetahui sifat yang berkaitan dengan ketahanan kekeringan. Percobaan dilaksanakan pada lahan kering dengan sumur pompa di Dusun Pelelenan, Desa Labuhan Lombok Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur, mulai bulan November 2018 sampai bulan Januari 2019. Percobaan dilakukan pada dua kondisi, yaitu cekaman kekeringan ringan dan kondisi normal. Rancangan percobaan yang digunakan untuk setiap kondisi adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 10 perlakuan dan diulang 3 kali. Hasil penelitian menunjukan, bahwa rata-rata kemajuan seleksi massa dengan pengendalian penyerbukan per siklus untuk tingkat ketahanan cekaman bersifat linier nyata sebesar -0,07. Daya hasil populasi hasil seleksi massa dengan pengendalian penyerbukan siklus delapan lebih tinggi dibandingkan populasi awal dan varietas unggul Gumrang pada kondisi cekaman kekeringan dengan peningkatan berturut-turut sebesar 4,283 t/ha (120,17 persen dan 30,43 persen). Sifat yang berkaitan erat dengan tingkat cekaman kekeringan, yaitu tinggi tanaman diameter tongkol, panjang tongkol, berat tongkol kering panen, bobot biji kering pipil dan bobot 1000 butir biji.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemajuan Seleksi, Indeks Sensitivitas Cekaman, Daya Hasil.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 08 Oct 2019 04:49
Last Modified: 08 Oct 2019 04:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14707

Actions (login required)

View Item View Item