PENGARUH PELAPISAN BENIH DENGAN PUPUK ORGANOMINERAL TERHADAP PERTUMBUHAN PADI (Oryza sativa L.) VARIETAS INPARI 32 DAN BUNDA SRI MADRIM

Hermayanti, Rina (2019) PENGARUH PELAPISAN BENIH DENGAN PUPUK ORGANOMINERAL TERHADAP PERTUMBUHAN PADI (Oryza sativa L.) VARIETAS INPARI 32 DAN BUNDA SRI MADRIM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari lapisan benih dengan pupuk organik pada pertumbuhan padi Inpari 32 dan varietas BSM (Bunda Sri Madrim). Penelitian ini dilakukan di rumah kaca pada bulan Oktober 2018 sampai Januari 2019. Desain exsperimental yang digunakan adalah rancangan petak terbagi, dimana variannya adalah sebagai petak utama (Inpari 32 dan BSM), sedangkan anak petak adalah rasio benih berlapis (BB). Rasio benih berlapis untuk Inpari 32 adalah 1:0 (non-BB), 1:10 (BB-kecil), 1:20 (BB-sedang), dan 1:30 (BB-besar), sedangkan untuk BSM adalah 1:0 (non-BB), 1:8 (BB-kecil), 1:15 (BB-sedang), dan 1:20 (BB-besar). Parameter yang diamati meliputi: tinggi tanaman, jumlah anakan, dan bobot brangkasan kering. Hasil menunjukkan bahwa benih berlapis (BB) meningkatkan tinggi tanaman pada pertumbuhan awal (3-7 minggu setelah tanam) dan meningkatkan jumlah anakan. Namun, bobot brangkasan kering tertinggi adalah non-BB. Hal itu kemungkinan karena kurangnya nitrogen untuk benih berlapis (BB). Oleh karena itu,kadar N dari pupuk organomineral (coating material) mungkin perlu ditingkatkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Benih Padi dan Pupuk Organomineral
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 08 Oct 2019 04:49
Last Modified: 08 Oct 2019 04:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14710

Actions (login required)

View Item View Item