RESPON BEBERAPA TANAMAN KACANG- KACANGAN PENUTUP TANAH PADA PERTANAMAN JAGUNG HIBRIDA DALAM PENERAPAN PERTANIAN KONSERVASI

PRASONY, ILHAM AKBAR NUR (2019) RESPON BEBERAPA TANAMAN KACANG- KACANGAN PENUTUP TANAH PADA PERTANAMAN JAGUNG HIBRIDA DALAM PENERAPAN PERTANIAN KONSERVASI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon empat jenis tanaman kacang-kacangan penutup tanah pada berbagai teknik pengolahan tanah di pertanaman jagung hibrida dalam penerapan pertanian konservasi.Metode yang digunakan adalah metode eksperimental.Penelitian ini telah dilaksanakan di lahan kering di Desa Pemongkong Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur,rancangan yang digunakan adalah Split Blok, terdiri dari 4 petak utama (pengolahan tanah dengan tanpa olah tanah, lubang permanen, singkap dan bajak), 4 anak petak (kacang komak, kacang tunggak, kacang sayur dan koro benguk) dan disusun dalam 3 blok. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Anova dengan taraf nyata 5% dan jika berbeda nyata diuji lanjut dengan BNT pada taraf yang sama.Adapun hasil yang didapatkan yaitu: (1).Respon jenis kacang-kacangan penutup tanah pada sistem pengolahan tanah yang terbaik adalah koro benguk. (2). Koro benguk pada sistem pengolahan tanah dengan singkap menunjukkan pengaruh pertumbuhan lebih baik dibanding dengan sistem pengolahan tanah lainnya dengan bobot brangkasan basah 356,39 g per tanaman setara dengan 12,7 ton/ha dan bobot brangkasan kering dengan berat 87,58 g per tanaman setara dengan 3,1 ton/ha.(3). Kacang tunggak dalam penerapan pertanian konservasi dibanding dengan kacang-kacangan lainnya menunjukkan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil tanaman jagung hibridadengan bobot 138,61 g per tanaman setara dengan 9,9 ton/ha, diikuti dengan kacang sayur 135,77 g per tanaman setara dengan 9,7 ton/ha, kacang komak 134 g per tanaman setara dengan 9,5 ton/ha, tanpa tanaman penutup 132,88 g per tanaman setara dengan 9,4 to/ha dan koro benguk dengan berat 128,61 g per tanaman setara dengan 9 ton/ha.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tanaman penutup, pengolahan lahan, pertanian konservasi, jagung hibrida.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 10 Oct 2019 02:39
Last Modified: 10 Oct 2019 02:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14735

Actions (login required)

View Item View Item