ANALISIS KOMPARASI PENDAPATAN DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA BERBAGAI KOMODITI USAHATANI LAHAN KERING YANG MENGGUNAKAN IRIGASI AIR TANAH DI KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

WARDOYO, MOHAMMAD AGUS TRI (2019) ANALISIS KOMPARASI PENDAPATAN DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA BERBAGAI KOMODITI USAHATANI LAHAN KERING YANG MENGGUNAKAN IRIGASI AIR TANAH DI KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), merupakan salah satu provinsi yang memiliki lahan kering yang cukup luas untuk dikembangkan yaitu seluas 50.695 ha. Sekitar 27% (13.623 ha) berada di Kabupaten Lombok Tengah. Kabupaten Lombok Tengah terdiri atas 12 kecamatan, salah satunya Kecamatan Pujut yang memiliki potensi lahan kering yang luas dan dapat dimanfaatkan dalam mengembangkan usahatani di daerah tersebut. Di Kecamatan Pujut terdapat tiga komoditi utama yang dibudidayakan pada lahan kering yaitu: padi, jagung dan kedelai. Padi merupakan komoditi unggulan yang lebih banyak dibudidayakan oleh petani dibandingkan dengan komoditi- komoditi lain. Pendapatan usahatani merupakan salah satu pertimbangan petani dalam memilih jenis usahatani yang akan dilaksanakan. Hal ini erat kaitannya dengan luas lahan yang dimiliki petani dan ketersediaan sarana produksi. Oleh karena itu yang menjadi masalah adalah bagaimana perbandingan pendapatan dan penyerapan tenaga kerja antar berbagai komoditi lahan kering di Kecamatan Pujut. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis perbandingan pendapatan pada berbagai komoditi usahatani lahan kering yang menggunakan irigasi air tanah di Kecamatan Pujut. (2) Menganalisis perbandingan penyerapan tenaga kerja pada berbagai komoditi usahatani lahan kering yang menggunakan irigasi air tanah di Kecamatan Pujut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah rumah tangga usahatani padi, jagung dan kedelai yang menggunakan irigasi air tanah pada lahan kering di Kecamatan Pujut. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Pujut terdiri atas 16 desa yang ditentukan 2 desa secara Purposive Sampling atas pertimbangan kedua desa tersebut memiliki sumur pompa terbanyak dibandingkan dengan desa-desa lainnya. Adapun desa tersebut yaitu Desa Rembitan dan Desa Kuta. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data meliputi data primer dan data sekunder. Data diperoleh dengan menggunakan teknik survei. Analisis data menggunakan analisis pendapatan, analisis penyerapan tenaga kerja dan analisis statistik t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) total pendapatan pada usahatani padi sebesar Rp 14.950.899/ha, pendapatan usahatani jagung sebesar Rp 15.307.703/ha dan pendapatan usahatani kedelai sebesar Rp 6.298.884/ha. Hasil analisis statistik menunjukkan perbandingan pendapatan antara padi dengan kedelai dan jagung dengan kedelai berbeda nyata (signifikan), sedangkan antara padi dengan jagung tidak berbeda nyata (non signifikan). (2) total penyerapan tenaga kerja pada usahatani padi 52,68 HKO/ha, sedangkan untuk usahatani jagung sebesar 119,43 HKO/ha dan usahatani kedelai sebesar 8,03 HKO/ha. Hasil analisis statistik menunjukkan jumlah penyerapan tenaga kerja antar ketiga komoditi tersebut berbeda nyata (signifikan).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Irigasi air tanah, Pendapatan, Peyerapan tenaga kerja, Komparasi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 10 Oct 2019 02:38
Last Modified: 10 Oct 2019 02:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14740

Actions (login required)

View Item View Item