ANALISIS PEMANFAATAN LAHAN DAN PENDAPATAN PETANI HUTAN DI KAWASAN HUTAN PESUGULAN TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI DI DESA BEBIDAS KECAMATAN WANASABA LOMBOK TIMUR

aulida, Amani (2019) ANALISIS PEMANFAATAN LAHAN DAN PENDAPATAN PETANI HUTAN DI KAWASAN HUTAN PESUGULAN TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI DI DESA BEBIDAS KECAMATAN WANASABA LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Taman Nasional Gunung Rinjani merupakan kawasan konservasi, salah satu Kawasan Pelestarian Alam yang berada di Nusa Tenggara Barat dengan luas definitif 41.330 ha. Kawasan TNGR dibagi menjadi beberapa zona pengelolaan yaitu zona inti, zona rimba, zona pemanfaatan, zona tradisional, zona rehabilitasi, zona religi dan zona khusus. Adanya kegiatan yang dilakukan didalam kawasan menyebabkan beberapa kendala yang menghambat untuk mencapai tujuan dari taman nasional yaitu, kegiatan pemanfaatan lahan oleh petani hutan Kawasan Hutan Pesugulan, yang berada dalam Zona Rehabilitsi Resort Aikmel, Seksi Pengelolaan Wilayah II, BTNGR. Tujuan penelitian adalah mengetahui pemanfaatan lahan oleh petani hutan Kawasan Hutan di Pesugulan Taman Nasional Gunung Rinjani di Desa Bebidas Kecamatan Wanasaba Lombok Timur, menganalisis pendapatan petani hutan di Kawasan Hutan Pesugulan Taman Nasional Gunung Rinjani Desa Bebidas Kecamatan Wanasaba Lombok Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Juni 2018-Januari 2019 yang bertempat di Kawasan Hutan Pesugulan, Balai Taman Nasional Gunung Rinjani. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskripif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan lahan oleh petani hutan dimanfaatkan dalam bentuk Agroforestry dengan penerapan pola tanam Tumpangsari, sebagian besar tanaman holtikultura dan Multi Purpose Tree spesies (MPTS). Dan pendapatan rata-rata total petani hutan dalam kawasan setiap tahunnya sebesar Rp. 19.833.346 /LLG/tahun atau Rp. 19.833.346 /ha/tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pemanfaatan Lahan, Pendapatan Petani, Taman Nasional, Gunung Rinjani
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 10 Oct 2019 02:38
Last Modified: 10 Oct 2019 02:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14748

Actions (login required)

View Item View Item