ANALISIS KEUNTUNGAN DAN NILAI TAMBAH AGROINDUSTRI TERASI UDANG DI DESA JEROWARU KECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Yudianto, Yudianto (2019) ANALISIS KEUNTUNGAN DAN NILAI TAMBAH AGROINDUSTRI TERASI UDANG DI DESA JEROWARU KECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (999kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk: (1) Untuk menganalisis keuntungan agroindustri terasi udang di Desa Jerowaru (2) Untuk menganalisis nilai tambah udang rebon menjadi terasi udang pada agroindustri terasi udang di Desa Jerowaru (3) Untuk menganalisis kendala yang dihadapi oleh pengusaha agroindustri terasi udang di Desa Jerowaru. Penelitian menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur, dan dipilih 1 (satu) desa yaitu desa Jerowaru secara Purposive Sampling. Untuk keuntungan agroindustri terasi udang, unit yang digunakan adalah pengusaha agroindustri terasi udang di Desa Jerowaru yang masih aktif. Penentuan jumlah responden dilakukan dengan metode sensus yaitu dengan cara mendata seluruh pengusaha agroindustri terasi udang di Desa Jerowaru dan diperoleh total pengusaha yang masih aktif sebanyak 19 orang responden. Jenis data yang digunakan, yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data yang digunakan, yaitu data primer dan data sekunder. Analisis nilai tambah menggunakan metode hayami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Keuntungan usaha agroindustri terasi udang di Desa Jerowaru Kecamatan Jerowaru sebesar Rp 6.733.489 perbulan. (2) Nilai tambah agroindustri terasi udang di Desa Jerowaru sebesar Rp 29.409/kg, dengan persentase rasio nilai tambah sebesar 50,85% dan persentase tingkat keuntungan sebesar 77,76%. (3) Faktor - faktor penghambat atau masalah yang dihadapi agroindustri terasi udang di Desa Jerowaru yaitu : Kelangkaan bahan baku, harga bahan baku tidak stabil, kurang diperhatikan pemerintah, cuaca tidak menentu dan kualitas penyuluh lapangan kurang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Agroindustri, Keuntungan, Nilai Tambah, Kendala, Terasi Udang
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 10 Oct 2019 02:38
Last Modified: 10 Oct 2019 02:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14751

Actions (login required)

View Item View Item