PENGARUH PEMBERIAN BAHAN ORGANIK DAN FUNGI MIKORIZA ARBUSKULAR (FMA) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt.)

Suryandi, Agus (2019) PENGARUH PEMBERIAN BAHAN ORGANIK DAN FUNGI MIKORIZA ARBUSKULAR (FMA) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian bahan organik yang dikombinasikan dengan Fungi Mikoriza Arbuskular (FMA) terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis (Zea mays saccharata Sturt.). penelitian dilaksanakan dari bulan Juli hingga September 2018 di Desa Ombe Baru Kecamatan Kediri Lombok Barat. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan dua faktor perlakuan masing-masing empat taraf dan diulang dengan tiga ulangan. Faktor pertama adalah Mikoriza (M) yang terdiri atas empat taraf, yaitu tanpa Mikoriza (M0), 50 spora (M1), 100 spora dan 150 spora, sedangkan faktor kedua adalah pupuk kandang (K), yang terdiri atas empat taraf yaitu (K0) tanpa pupuk kandang, (K1) 10 ton/ha, (K2) 15 ton/ha dan (K3) 20 ton/ha pupuk kandang. Hasil penelitian menunjukkan mikoriza memberikan pengaruh nyata terhadap hasil tanaman jagung yaitu pada rerata berat tongkol dan hasil per polybag tanaman jagung, sedangkan faktor pupuk kandang memberikan pengaruh nyata pada tinggi tanaman minggu terakhir, berat berangkasan basah dan berat 100 butir jagung manis. Pada interaksi antara mikoriza dengan pupuk kandang hanya berpengaruh terhadap kualitas tanaman jagung yaitu berat 100 biji jagung manis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): jagung manis, pupuk kandang, mikoriza
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 14 Oct 2019 07:27
Last Modified: 14 Oct 2019 07:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14768

Actions (login required)

View Item View Item