DAMPAK GEMPA BUMI TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI RUMAH TANGGA PETANI DI DESA PEMENANG TIMUR KECAMATAN PEMENANG KABUPATEN LOMBOK UTARA

Anggal, Flaviana Bonita (2019) DAMPAK GEMPA BUMI TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI RUMAH TANGGA PETANI DI DESA PEMENANG TIMUR KECAMATAN PEMENANG KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Nona.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui dampak gempa bumi terhadap kondisi sosial rumah tangga petani di Desa Pemenang Timur Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara, (2) Mengetahui dampak gempa bumi terhadap kondisi ekonomi rumah tangga petani di Desa Pemenang Timur Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara, (3) Mengetahui strategi yang dilakukan petani untuk menghidupi keluarganya pasca gempa bumi di Desa Pemenang Timur Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksploratif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik survey, wawancara terstruktur dan semi struktur. Hasil penelitian dampak gempa bumi terhadap kondisi sosial ekonomi menunjukkan bahwa : (1) Dampak gempa bumi terhadap kondisi sosial rumah tangga petani semakin buruk yaitu : a) Intensitas belajar anak-anak petani menjadi kurang efektif, b) Kondisi perumahan yang sebagian besar mengalami perubahan, c) Intensitas hubungan yang di lihat dari seberapa seringnya rumah tangga petani berinteraksi mengalami perubahan dikarenakan kesibukkan yang mereka miliki. (2) Dampak gempa bumi terhadap kondisi ekonomi rumah tangga petani menyebabkan terjadinya beberapa perubahan, yaitu : a) Jenis pekerjaan yang mampu menyerap tenaga kerja rumah tangga petani mengalami peningkatan, b) Pendapatan dan jumlah pengeluaran rumah tangga petani mengalami penurunan, c) Jumlah tabungan rumah tangga petani berkurang. (3) Strategi yang dilakukan oleh petani untuk tetap menghidupi keluarganya pasca gempa bumi yaitu dengan memanfaatkan tabungan yang mereka miliki, menjual sisa hasil produksi dari kegiatan usahatani sebelum gempa bumi, kembali lagi berusahatani hingga mencari pekerjaan sampingan dengan melibatkan anggota keluarga lainnya (istri dan anak) guna dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Dampak gempa bumi, Sosial, Ekonomi.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 14 Oct 2019 07:27
Last Modified: 14 Oct 2019 07:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14774

Actions (login required)

View Item View Item