ANALISIS PENDAPATAN DAN PEMASARAN PRODUK AGROINDUSTRI KERIPIK KHAS LOMBOK (StudiKasus di UD. ANALISIS PENDAPATAN DAN PEMASARAN PRODUK AGROINDUSTRI KERIPIK KHAS LOMBOK (StudiKasus di UD. FAIZIELA) ANALISIS PENDAPATAN DAN PEMASARAN PRODUK

GAZALI, MUHAMMAD (2019) ANALISIS PENDAPATAN DAN PEMASARAN PRODUK AGROINDUSTRI KERIPIK KHAS LOMBOK (StudiKasus di UD. ANALISIS PENDAPATAN DAN PEMASARAN PRODUK AGROINDUSTRI KERIPIK KHAS LOMBOK (StudiKasus di UD. FAIZIELA) ANALISIS PENDAPATAN DAN PEMASARAN PRODUK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)

Abstract

Agroindustri UD. Faiziela merupakan salah satu perusahaan yang menghasilkan olahan keripik yang berbahan baku sayur-sayuran. Usaha ini masih merupakan usaha kecil yang tentu saja masih menghadapi masalah-masalah teknis maupun ekonomi serta masalah pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pendapatan agroindustri keripik khas Lombok; (2) untuk mengetahui strategi pemasaran dengan pendekatan (Marketing Mix) agroindustri keripik khas Lombok; (3) unuk mengetahui hambatan yang dihadapi oleh produsen keripik khas Lombok dalam menjalankan usahanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Responden dalam penelitian ini adalah produsen dan pedagang. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Rata-rata pendapatan usaha keripik khas lombok UD. Faiziela semua jenis produk yang dihasilkan oleh UD. Faiziela yaitu sebesar Rp. 5.525.295 proses produksi (keripik ares Rp 1.403.824, keripik kangkung Rp 1.348.824, keripik pare Rp 1.423.824, keripik bebele Rp 1.348.824) ; (2) Strategi pemasaran yang diterapkan pada UD. Faiziela terkait dengan marketing mix, meliputi: produk, distribusi, promosi dan harga. Strategi produk yang dilakukan oleh UD. Faiziela yaitu: merk, varian produk dan kemasan. Strategi promosi yang diterapkan adalah: personal selling dan penggunaan media on-line untuk promosi. Strategi distribusi yang digunakan adalah melakukan pemasaran melalui supermarket dan toko oleh-oleh yang ada di Pulau Lombok. Strategi harga, yaitu menetukan harga produk bedasarkan biaya produksi. (3) hambatan yang dihapi agroindustri adalah kekeurangan modal dalam proses produksi. Saran kepada agroindustri UD. Faiziela adalah: (1) pengusaha perlu meningkatkan promosi produk melalui media cetak, media elektronik serta fasilitas media sosial yang ada sehingga produk lebih dapat dikenal oleh masyarkat dalam jangkauan lebih luas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Agroindustri, Analisis Pendapatan, Pemasaran
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 14 Oct 2019 07:27
Last Modified: 14 Oct 2019 07:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14776

Actions (login required)

View Item View Item