DESAIN ALAT PENSTABIL SUHU DAN KELEMBABAN RUANGAN PADA KUMBUNG PRODUKSI JAMUR MERANG BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO UNO

Tamrin, Husni (2019) DESAIN ALAT PENSTABIL SUHU DAN KELEMBABAN RUANGAN PADA KUMBUNG PRODUKSI JAMUR MERANG BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO UNO. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Husni Tamrin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Teknologi elektronika dapat diterapkan dalam setiap bidang kehidupan sehari hari, contohnya dalam budidaya jamur merang, untuk mendapatkan hasil panen yang optimal dibutuhkan alat untuk monitoring kestabilan suhu dan kelembaban, yang pada prinsipnya suhu normal yang di butuhkan adalah 30℃ sampai 32℃ dan kelembaban udara 83 – 85 % di dalam kumbung. Diperlukan suatu alat yang dapat mengendalikan suhu dan kelembaban secara terus menerus. Sistem pengendali ini dapat di implementasikan dengan menempatkan sensor DHT22 di dalam kumbung yang kemudian dikendalikan oleh sebuah mikrokontroller arduino uno sebagai sistem kestabilan suhu dan kelembaban yang dapat diterapkan pada pertanian jamur merang. Berdasarkan hasil pengujian produksi jamur merang tanpa bantuan alat dengan hasil panen sebanyak 620 gram dan tidak mendapat hasil panen selama 2 hari jadi rata-rata perolehan panen perhari 68,9 gram perhari. Sedangkan hasil panen menggunakan alat sebanyak 775 gram jamur merang dan tidak mendapat hasil panen selama 2 hari jadi rata-rata perolehan panen perhari 77,5 gram perhari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Mikrokontroller Arduino Uno, sensor DHT22, Relay , Thermostat PTC Heater (pemanas) , Ultrasonic Mist Maker Fogger Humidifier.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 16 Oct 2019 03:56
Last Modified: 16 Oct 2019 03:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14786

Actions (login required)

View Item View Item