PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TRHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SDN 34 MATARAM TAHUN AJARAN 2018/2019

BASYIT, ILHAMUL (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TRHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SDN 34 MATARAM TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
fix burning skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick berbantuan media gambar terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III SDN 34 Mataram tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 45 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan melakukan undian secara bebas dengan syarat kedua kelompok harus homogen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes keterampilan berbicara menggunakan rubrik penilaian, dan observasi, serta dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis statistic parametric. Bedasarkan hasil post-test-pre-test diperoleh skor selisih bahwa keterampilan berbicara siswa dengan model pembelajaran talking stick berbantuan media gambar pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata skor selisih kelompok kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran talking stick berbantuan media gambar. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata skor selisih dari nilai post-test-pre-test kelompok eksperimen yaitu sebesar 18,095, sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 12,708. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t dua pihak menggunankan rumus polled varians. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung≥ttabel yaitu sebesar 3,164 ≥ 2,017 pada taraf signifikansi 5% dengan derajad kebebasan (dk) = n1+ n2 – 2 = 21 + 24- 2 = 43. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis, yaitu jika thitung ≥ ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran talking stick berbantuan media gambar terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III SDN 34 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Talking Stick, Media Gambar, dan Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 04 Nov 2019 01:05
Last Modified: 04 Nov 2019 01:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14805

Actions (login required)

View Item View Item