ANALISIS PEMASARAN BAWANG MERAH DI KABUPATEN BIMA

Istiqomah, Nurul (2019) ANALISIS PEMASARAN BAWANG MERAH DI KABUPATEN BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis saluran pemasaran bawang merah di Kabupaten Bima; (2) menganalisis efisiensi pemasaran bawang merah di Kabupaten Bima; (3) menganalisis struktur pasar bawang merah di Kabupaten Bima; dan (4) menganalisis transmisi harga bawang merah di Kabupaten Bima. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dimana data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengolahan data dilakukan secara kualitatif dan data kuantitatif. Penentuan daerah sampel dilakkan secara “purposive sampling’’, Penentuan responden ditentukan secara “Quota Sampling” , penentuan jumlah petani ditentukan secara “Proportional Random Sampling” sedagkan untuk penetuan saluran pesaran menggunakan metode “Snowball sampling” Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua saluran pemasaran hasil produksi petanibawang merah di Kabupaten Bima, yaitu: (a) Saluran Pemasaran I: Petani – Pedagang pengumpul desa – konsumen akhir di Kabupaten Bima; (b) Saluran Pemasaran II: Petani – Pengumpul pengumpul desa – pedagang antar pulau/pedagang besar – pengecer yang ada di mataram – Konsumen Akhir yang ada di mataram ; Pemasaran bawang merah di Kabupaten Bima sudah dikatakan efisien jika dilihat dari nilai share petani dari dari kedua saluran tersebut. Di saluran pemasaran I dengan nilai Share petaninya yaitu sebesar Rp 6000 atau 71,45%, Sedangkan untuk saluran II dengan nilai share petaninya yaitu sebesar Rp 10000 atau 60%. Sturuktur pasar bawang merah di Kabupeten Bima mengarah ke oligopsoni konsentrasi sedang pada pengumpul desa. Elastisitas transmisi harga bawang merah bersifat inelastis dengan elastisitas sebesar 0,78% mendekati 1%, karena niali t-hitung > t-tabel sehingga di katakan harga di transmisikan secara sempurna karena mendekati 1%. 1

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Saluran Pemasaran, efisiensi, struktur Pasar, Transmisi Harga.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 04 Nov 2019 00:59
Last Modified: 04 Nov 2019 00:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14808

Actions (login required)

View Item View Item