AYU, R A T I H R A F A N I N G A (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII PADA PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE GUIDED NOTE TAKING (GNT) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DI SMP NEGERI 5. S1 thesis, UPT. Perpustakaan.
Text
SKRIPSI_RATIH RAFANING AYU_E1A013040_P.BIOLOGI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian dengan judul Perbedaan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII pada Penerapan Model Kooperatif Tipe Guided Note Taking (GNT) dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) di SMP Negeri 5 Mataram bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII pada penerapan model kooperatif tipe Guided Note Taking (GNT) dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) di SMP Negeri 5 Mataram. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian Pretest Postest Non Control Group Design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Mataram. Sampel dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif sebanyak 30 butir soal pilihan ganda. Sedangkan untuk mengukur hasil belajar afektif dan psikomotorik digunakan lembar penilaian afektif dan psikomotorik. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pooled varians dengan taraf signifikan 5% diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 4,778 > 1,995, hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII pada penerapan model kooperatif tipe Guided Note Taking (GNT) dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) di SMP Negeri 5 Mataram dan hasil belajar afektif dan psikomotorik berada pada kategori baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Guided Note Taking (GNT), Student Teams Achievement Divisions STAD), dan Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 24 Feb 2018 06:58 |
Last Modified: | 24 Feb 2018 06:58 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1499 |
Actions (login required)
View Item |