ANALISIS ANGKUTAN SEDIMEN PADA SUNGAI DODOKAN SEBAGAI EVALUASI PENAMBANGAN GALIAN C Sediment Transport Analysis In Dodokan River As An Evaluation Mining Excavation C.

Fanani, Rizwan (2019) ANALISIS ANGKUTAN SEDIMEN PADA SUNGAI DODOKAN SEBAGAI EVALUASI PENAMBANGAN GALIAN C Sediment Transport Analysis In Dodokan River As An Evaluation Mining Excavation C. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dasar sungai dan bendung biasanya tersusun oleh endapan dari material angkutan sedimen yang terbawa oleh aliran sungai dan material tersebut dapat terangkut kembali apabila kecepatan aliran cukup tinggi. Tujuan penelitian ini yakni mengetahui karakteristik aliran pada Hilir sungai Dodokan, mengetahui karakteristik angkutan sedimen pada Hilir Sungai Dodokan, mengetahui besar volume angkutan sedimen pada Hilir Sungai Dodokan dan mengetahui perbandingan volume Sedimen yang ada dengan Volume Penambangan Galian C di Sungai Dodokan Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pengukuran langsung di lapangan dan pengujian di laboratorium. Pengkuruan langsung menggunakan metode penangkap sedime dengan keranjang, dan data pengujian laboratorium di olah dengan metode M.P.M dan Einsten. Metode pengambilan sampel lapangan dengan menggunakan alat Ekman Grab yang memiliki 2 rahang baja yang bias mengangkut sedimen dasar. Volume angkutan sedimen menggunakan Metode M.P.M didapatkan hasil rata-rata yaitu 3,71.10-4 m3 /dt. Sedangkan volume angkutan sedimen menggunakan metode perhitungan Einstein didapatkan hasil rata-rata yaitu 8,88.10-5 m3 /dt. Hasil perhitungan rata- rata yang didapatkan untuk volume angkutan sedimen lapangan adalah 4,35.10-9 m3 /dt. Hasil survey pengambilan galian C selama 1 minggu di Sungai Dodokan, sebesar1,54.10-4 m3 /dtdan dapat ditarik kesimpulan bahwa, pengambilan galian C di Sungai Dodokan Hilir melebihi sedimen yang ada didalamnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sedimentasi, Analisis dan Penambangan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:24
Last Modified: 18 Nov 2019 04:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15016

Actions (login required)

View Item View Item